saa-di-aleppoAleppo, LiputanIslam.com –  Sedikitnya 1500 penduduk Suriah yang selama ini terjebak di tengah pertempuran dan dijadikan tameng manusia oleh kawanan bersenjata di Aleppo timur berhasil kabur dari wilayah ini, Minggu (27/11/2016), dan kini berada dalam perlindungan pasukan pemerintah.

Mereka kabur dan lolos dari kepungan kawanan bersenjata setelah mendapat kesempatan ketika tentara Suriah dan sekutunya bergerak maju di kawasan Hanano dan sekitarnya di Aleppo timur.

Tentara Suriah berkomitmen untuk melindungi mereka dan membawa mereka ke tempat yang aman.

Sehari sebelumnya, ratusan warga juga dilaporkan berhasil lolos dari kepungan kawanan bersenjata di Aleppo timur dan mendatangi kawasan-kawasan yang dikuasai pasukan pemerintah.

Sebelum itu mereka kesulitan untuk keluar dari kawasan itu karena kawanan bersenjata kerap melepaskan peluru dan menembakkan mortir ke jalanan agar warga takut keluar dari Aleppo timur.

Laporan lain menyebutkan bahwa Hasan Mukhaibar alias al-Baghal, salah ssatu gembong kelompok bersenjata Jabhat al-Shumaliyah tewas terkena serangan tentara Suriah ke posisi-posisi kawanan bersenjata di  kawasan Azizah, Aleppo timur.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa pasukan Suriah mengalami kemajuan signifikan lagi dalam pertempuran di Aleppo timur hingga berhasil mencapai dan merebut beberapa kawasan baru.

Direktur Observatorium Suriah untuk HAM Rami Abdulrahman, Minggu, mengatakan, “Pasukan pemerintah dan para sekutunya berhasil menguasai kawasan Baidain dan Jabal Badru yang bersebelahan dengan kawasan permukiman Hanano.”

Menurutnya, pasukan Suriah melancarkan serangan sengit di kawasan strategis al-Sakhur, dan jika mereka berhasil menguasai kawasan ini maka Aleppo timur praktis terbelah menjadi dua bagian; satu dikuasai tentara Suriah dan yang lain masih dikuasai kawanan bersenjata.  (mm/sana/alahed)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL