Mosul, LiputanIslam.com –  Komandan operasi gabungan pasukan Irak, Brigjen Dzunun al-Sab’awi, mengatakan kawanan teroris ISIS telah membakari semua kantor pemerintah di kawasan terakhir Mosul timur yang sudah hampir secara total.

“ISIS telah membakar kantor Pusat Telefon Elektronik, Bank Um al-Rabi’ain, Bank al-Aqari, dan tiga gedung pusat kesehatan, menyusul cepatnya gerak maju pasukan Irak yang nyaris membebaskan bagian kiri (timur) secara total dari (pendudukan) ISIS,” katanya kepada DPA, Jumat (13/1/2017).

Dia menambahkan, “Sebagian besar anggota ISIS kabur ke bagian kanan (barat) melalui Sungai Tigris menggunakan perahu-perahu setelah ribuan rekan mereka tewas di poros timur dan utara Mosul.”

Di hari yang sama pasukan Irak berhasil membebaskan kampus Universitas Mosul yang digunakan oleh ISIS sebagai sarana militer, dan ini tercatat sebagai kemajuan signifikan dalam operasi pembebasan Mosul yang sudah berlangsung hampir empat bulan.

Kemajuan militer Irak ini terjadi setelah dilakukan perubahan taktik pada bulan lalu untuk melibatkan pasukan elit dan membuat mereka lebih tangkas dalam mengatasi perlawanan ISIS dan menghindari jatuhnya korban sipil dan militer.

Pejabat Irak dan Amerika Serikat mengatakan bahwa kampus itu merupakan satu di antara dua fasilitas utama yang digunakan ISIS untuk membuat bom, mengembangkan senjata kimia, dan merawat anggotanya yang terluka, sementara pekan lalu pasukan Irak juga merebut kembali satu fasilitas utama lainnya berupa rumah sakit.

“Jika mereka kehilangan kampus, petempur dan pendukung mereka akan kehilangan nyali mereka. Bagi mereka, kehilangan kampus berarti kehilangan sisi timur kota, “kata Jenderal Sami al-Aridi, seorang komandan pasukan yang menyerbu kampus tersebut. (mm/rayalyoum/wallstreetjournal)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL