landasan-terbang-misterius-di-irakBaquba, LiputanIslam.com –   Pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi menemukan landasan terbang darurat misterius di pedalaman wilayah Hamrin di timur laut Baquba, ibu kota provinsi Diyala, Irak. Demikian dikatakan Hadidar Ali al-Haidari, Komandan Brigade 110 yang merupakan salah satu elemen al-Hashd al-Shaabi, sembari menyebutkan bahwa pihaknya telah mencapai kawasan-kawasan yang belum pernah dijangkau oleh pasukan keamanan sejak tahun 2003.

“Pasukan Brigade 110 dalam al-Hashd al-Shaabi telah melancarkan operasi khusus serbuan ke lebih dari 30 km kedalaman daerah Pegunungan Hamrin dari arah kawasan Qazlaq (114 km timur laut Baquba), dan telah menemukan landasan terbang misterius di Pegunungan Hamrin berupa lapangan beton di atas gunung tinggi dan tampaknya digunakan sebagai helipad,” ungkap al-Haidari kepada al-Sumaria News.

Dia menjelaskan bahwa pasukannya yang melancarkan operasi ini berdasarkan data-data intelijen juga telah menemukan tempat-tempat persembunyian ISIS yang terpencar di sekitar landasan terbang itu, dan sebagian di antaranya terlihat baru didirikan karena faktor perkembangan situasi lapangan.

“Para pejuang brigade ini berhasil mencapai daerah-daerah terpencil yang belum pernah dicapai oleh pasukan keamanan sejak 2003 dan sebagian di antaranya menjadi tempat perlindungan sel-sel teroris yang sangat berbahaya,” lanjutnya.

Menurutnya, pasukan brigade ini telah melancarkan lebih dari 10 operasi khusus dalam jangka waktu delapan minggu terakhir di empat kawasan, termasuk Hamrin, dengan tujuan mencegah kelompok-kelompok ekstrimis bersenjata membuat sarang di kawasan perbatasan provinsi Diyala.

Brigade 110 merupakan salah satu brigade al-Hashd al-Shaabi yang aktif di provinsi Diyala dan tersebar di berbagai kawasan terpencil, terutama Pegunungan Hamrin.

Banyak bukti di Irak yang menunjukkan bahwa Amerika Serikat (AS) bermain mata dengan ISIS, dan lapangan terbang kecil yang baru ditemukan di Pegunungan Hamrin dan diduga sebagai helipad ini dapat menjurus pada adanya bukti baru mengenai kesengajaan AS membuat ISIS tetap eksis di Irak agar Negeri 1001 Malam ini tetap kacau dan dapat menjadi salah ajang intervensi Washington di Timteng.  (mm/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL