konvoi-al-hashd-al-shaabiMosul, LiputanIslam.com –  Wakil ketua pasukan relawan Irak al-Hasd al-Shaabi, Abu Mahdi al-Muhandis, menyatakan bahwa operasi pembebasan Mosul berjalan sangat efektif, dan sejauh ini kawasan seluas 1,300 km sudah berhasil dibebaskan dari cengkraman kelompok teroris takfiri ISIS.

Dalam wawancara dengan al-Alam, dia juga mengaku optimis bahwa pasukan pemerintah dan pasukan relawan akan dapat memasuki kota Tal Afar dan membebaskan Irak barat, namun dia juga mengaku penumpasan ISIS akan menelan waktu lama dan tak mudah karena kawanan teroris ini “didukung intelijen Amerika Serikat, Arab Saudi dan Turki.”

Al-Muhandis menilai pasukan Turki di Irak sebagai pasukan pendudukan, dan menyebut Arab Saudi sebagai induk terorisme sejagad.

Menurutnya, al-Hashd al-Shaabi sekarang sekarang sudah berada di lokasi yang berjarak 20 km dari kota ini, baik dari arah barat maupun dari arah selatan.

Sementara itu, Perdana Menteri Irak Haider Abadi dalam pidato televisi yang ditujukan kepada penduduk Mosul menyatakan tak ada penundaan dalam operasi pembebasan kota ini.

“Sesuai rencana, tak ada penundaan dalam operasi militer Mosul. Kalian aman dan akan kami bebaskan dari tangan teroris ISIS. Para pembom ini adalah para pahlawan kalian, melindungi kalian, dan secepatnya akan kami penggal kepala ISIS,” katanya.

Dia juga menyarankan kepada para teroris agar meletakkan senjata jika mereka ingin nyawanya selamat.  (mm/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL