Baghdad, LiputanIslam.com –  Juru bicara pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi Ahmad al-Asadi menyatakan bahwa keberhasilan pasukan Irak membebaskan secara total bagian timur kota Mosul, Irak utara, telah membuat kelompok teroris ISIS kehilangan 70% kekuatan militernya. Bersamaan dengan ini ISIS mengeksekusi satu hakimnya bersama empat komandan pasukannya karena kabur dari medan tempur.

“Sebagian besar pasukan ISIS, terutama Brigade Cechnya, Afghanistan, Rusia, dan Laskar Kekhalifahan, telah binasa dan tewas di tangan pasukan Irak.  Mereka binasa secara total. Hanya dalam tiga minggu terakhir ini saja lebih dari 2000 anggota ISIS terbunuh di sisi kiri (Mosul timur),” katanya kepada TV al-Iraqia, Rabu (25/1/2017).

Dia menambahkan bahwa Mosul timur telah menjadi ajang pertempuran hebat melawan ISIS.

“Pertempuran terkadang terjadi dari rumah ke rumah, dari jalan ke jalan, hingga menyebabkan ISIS kehilangan 70% pasukannya, dan ini berarti bahwa pembasmian ISIS di Mosul barat sekarang menjadi lebih mudah pasca pembebasan Mosul timur,” lanjutnya.

Sementara itu, perwira Irak Kol. Khaled al-Jibouri mengatakan ISIS telah mengeksekusi lima anggotanya, satu diantaranya menjabat sebagai hakim, karena mereka diketahui kabur dari medan tempur di Mosul timur.

Dia menjelaskan bahwa hakim bernama Alauddin alias Abu Hafsah dan empat komandan pasukan ISIS telah dieksekusi dengan tembakan karena kabur dalam pertempuran ketika pasukan Irak menggempur ISIS untuk membebaskan poros utara dan timur di bagian timur kota Mosul.

“ISIS mengeksekusi mereka di distrik Badush di depan kerumunan banyak penduduk sisi kanan (Mosul barat),” katanya.

Di sisi lain, sumber polisi Irak mengatakan sekira 10 anggota ISIS telah menyerang markas sebuah perusahaan yang bernaung di bawah Kementerian Industri dan Pertambangan Irak di provinsi Diyala lalu menculik enam pegawai di sana. Di situ kawanan teroris itu juga membakar beberapa peralatan berat.

“Kawanan bersenjata itu kemudian kemudian kabur entah kemana, sementara pasukan gabungan tentara dan polisi melancarkan operasi pengejaran mereka,” katanya. (mm/aliraqia/anadolu)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL