irak-al-hashd-al-shaabi2Baghdad, LiputanIslam.com –  Kelompok besar relawan Irak al-Hashd al-Shaabi memulai babak ketiga operasi militernya di barat Mosul, dan sebanyak 30 anggota ISIS tewas, Senin (14/11/2016).

Jubir al-Hashd al-Shaabi, Ahmad al-Asadi, dalam statemennya menyerukan kepada penduduk Irak, khususnya warga di berbagai kawasan yang masih diduduki ISIS supaya melakukan tindakan apapun yang dapat membantu misi pasukan relawan menumpas ISIS.

Al-Hashd al-Shaabi menjanjikan kemenangan segera atas ISIS dalam operasi tahap ketiga yang ditujukan untuk membebaskan Bandara Tal Afar, 30 km selatan kota Tal Afar, dan merebut beberapa desa dan daerah lain dari cengkraman ISIS.

Dalam memulai operasi militer tahap ketiga ini pasukan relawan bergerak untuk membebaskan kawasan Tal Sarwal di barat daya Mosul dan desa Nazarah di barat Mosul. Di awal operasi tahap baru ini mereka telah menghancurkan tiga bom mobil yang hendak diledakkan oleh ISIS di tengah pasukan relawan.

Tahap kedua operasi mereka telah berakhir beberapa hari lalu. Di tahap ini mereka berhasil memutus jalur suplai ISIS di front barat Mosul, memblokir rute ISIS untuk kabur ke arah perbatasan Suriah, dan menguasai penuh dua jalur strategis Mosul menuju Tal Afar dan Tal Afarr menuju al-Hadar.

30 Anggota ISIS Tewas

Sebanyak 30 anggota ISIS tewas di tangan pasukan Irak dalam operasi pembebasan desa al-Abbas yang berada di bawah administrasi kota kuno Nimrud, 40 km barat Mosul.

Anggota parlemen provinsi Nineveh, Hisamuddin al-Abar, mengatakan bahwa di antara puluhan teroris yang tewas itu terdapat para komandan ISIS berkewarganegaraan Cina dan Jepang.

“Mereka terbunuh setelah terkepung,” katanya.

Pasukan Irak memulai operasi pembebasan Mosul setelah Perdana Menteri Irak Haider Abadi selaku panglima tertinggi angkatan bersenjata Irak menginstruksikannya pada 17 Oktober lalu. (mm/irna/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL