konvoi-al-hashd-al-shaabiBaghdad, LiputanIslam.com –   Pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, Selasa (6/12/2016), berhasil membebaskan kawasan Tal Atbah Selatan yang semula menjadi markas utama kawanan teroris ISIS di selatan kota Tal Afar, provinsi Nineveh, Irak utara.

Dalam statemennya mereka menyatakan bahwa berhasil membebaskan kawasan di barat kota Mosul itu setelah menjalani pertempuran sengit melawan para kombatan ISIS.

Jumat lalu al-Hashd al-Shaabi mengumumkan dimulainya tahap kelima operasi pembebasan kawasan yang berada di sebelah barat Mosul. Tahap itu ditandai dengan pergerakan mereka menuju kawasan strategis Tal Atbah yang menjadi markas utama ISIS di Tal Afar.

“Pada tahap kelima operasi pembebasan Mosul, desa-desa dan daerah-daerah selatan dan barat Tal Afar akan bebas,” ungkap al-Hashd al-Shaabi dalam pengumuman itu.

Sementara itu, tentara Irak Selasa pagi berhasil membebaskan Rumah Sakit al-Salam di bagian barat Mosul dari pendudukan teroris ISIS.

Pasukan Irak memulai operasi militer besar-besaran untuk pembebasan Mosul pada 17 Oktober lalu dengan bergerak menuju kota kedua terbesar di Irak ini dari berbagai arah. Sejauh ini pasukan Irak telah berhasil memasuki daerah-daerah permukiman di bagian timur Mosul. (mm/sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL