al-hashd-al-shaabiBaghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, bergerak cepat dan menyerbu posisi-posisi ISIS di barat Mosul, Irak utara. Rabu siang (16/11/2016) mereka mengaku berada di posisi yang sudah sangat dekat dengan  Bandara Tal Afar.

Malam harinya, relawan yang didukung Iran ini mengumumkan sudah berhasil memasuki bandara itu.

“Setelah terlibat pertempuran sengit dengan musuh yang terdiri atas para anggota ISIS, kami berikan kabar gembira kepada rakyat Irak bahwa Bandara Tal Afar sudah bebas secara total,” ungkap Ahmad al-Asadi, juru bicara al-Hashd al-Shaabi.

Bandara itu terletak di 6 km selatan kota Tal Afar, dan 5 km barat Mosul.

“Dewasa ini sedang dilakukan operasi pengejaran kantung-kantung ISIS yang bersembunyi dalam bandara, dan pasukan al-Hashd al-Shaabi akan segera melakukan operasi pembersihan dalam beberapa jam mendatang,” lanjut al-Asadi.

Sebelumnya, dua kelompok relawan Brigade Hizbullah dan Brigade Sayyid al-Syuhada’ yang bernaung di bawah al-Hashd al-Shaabi yang sama-sama ditugasi membebaskan Bandara Tal Afar dalam statemen masing-masing mengaku sudah berada di lokasi yang berjarak hanya 500 meter dari bandara strategis tersebut.

Disebutkan bahwa mereka sudah mengepung bandara yang dikuasai kawanan teroris ISIS itu dan terjadi pertempuran sengit antara kedua belah pihak.

Staf media perang al-Hashd al-Shaabi Rabu pagi menyatakan pihaknya berhasil membaskan desa Tal al-Ramh yang terletak di dekat Bandara Tal Afar.

Beberapa jam kemudian tersiar beberapa statemen lagi bahwa sebagian besar teroris ISIS di bandara itu dan kawasan sekitarnya secara mental sudah jatuh sehingga memilih meninggalkan posisi-posisi mereka.

Pembebasan bandara ini menjadi pintu masuk untuk operasi selanjutnya, yaitu pembebasan kota Tal Afar.

Sementara itu, tentara Irak di Mosul mengaku telah menemukan beberapa replika tank dan mobil berbahan dasar kayu yang dibuat oleh ISIS.tank-kayu-isis

Tentara Irak memastikan bahwa tank dan mobil kayu itu digunakan ISIS untuk mengelabui penglihatan para pilot jet tempur Amerika Serikat dan Irak.

Replika tank dan mobil kayu itu sudah beberapa kali ditemukan sejak pekan lalu, tapi belum ada keterangan mengenai sejauhmana efektivitas taktik ISIS tersebut. (mm/raialyoum/irna/shafaqnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL