al-hashd-al-shaabiQaraqoush, LiputanIslam.com –  Memasuki hari kesembilan operasi pembebasan Mosul, Irak utara, pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, Selasa (25/10/2016), bersiap-siap menghadang kawanan teroris ISIS yang hendak kabur dari Mosul, Irak utara ke Suriah. Sedangkan di Suriah, Rusia mengaku siap menyambut kedatangan konvoi ISIS dengan hujan bom.

Bersamaan dengan ini pasukan kontra-teroris Irak yang merupakan pasukan khusus Irak berhasil menguasai beberapa kawasan baru di dekat sisi timur Mosul.

“Pasukan dari poros kami telah maju sejarak 5-6 km menuju Mosul,” ungkap Abdul Ghani al-Asadi, salah seorang komandan pasukan kontra-teroris.

Dia menambahkan bahwa dari kota Bartella yang mayoritas penduduknya beragama Kristen dan berhasil dikuasai pasukan Irak sejak beberapa hari lalu pasukan kontra-teroris telah berkoordinasi dengan pasukan di poros-poros lain untuk melancarkan serangan secara terkoordinir.

Dari poros utara, pasukan Kurdistan Peshmerga juga terus bergerak maju, sedangkan pasukan kepolisian federal yang bergerak maju dari poros selatan masih relatif jauh dari pinggiran Mosul.

Di bagian lain, Ashaib Ahl Haq yang merupakan kelompok terkemuka dalam al-Hashd al-Shaabi menyatakan berhasil menguasai kota Tel Afar sehingga dapat menghadang anggota ISIS yang hendak kabur ke arah barat menuju Suriah.

Al-Hashd al-Shaabi adalah relawan Irak yang didukung oleh Iran dan berperan besar dalam pembebasan banyak kawasan Irak dari pendudukan pasukan teroris ISIS.

Dalam perang Mosul, pasukan relawan ini dikabarkan tidak akan ikut menyerbu kota Mosul karena statusnya yang kerap disebut sebagai relawan Syiah dipandang sensitif untuk Mosul yang penduduknya bermazhab Sunni.

Di Suriah, militer Rusia sudah menyiapkan jet-jet bombernya untuk menuai nyawa kawanan teroris ISIS yang kabur dari Mosul, Irak utara, menuju Suriah.

Kepala Staf Umum Direktorat Operasi Utama Angkatan Bersenjata Rusia, Letjen Sergei Rudskoy, Selasa, mengatakan, “Pasukan Rusia selalu memantau situasi perbatasan Suriah-Irak dengan menggunakan drone dan sarana lain, dan pesawat-pesawat pembom juga sedang siaga udara dan siap sewaktu-waktu menjalankan instruksi untuk menggempur para teroris,” katanya. (mm/afp/irna/tass)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL