konvoi-al-hashd-al-shaabiBaghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi (Mobilisasi Rakyat) dalam kelanjutan operasi ganyang ISIS dan pembebasan distrik Tal Afar di barat Mosul, Irak utara, berhasil memutus jalur suplai kelompok teroris takfiri tersebut antara Mosul dan distrik Tal Afar, Kamis (3/11/2016). Dilaporkan pula bahwa lebih dari 80 anggota ISIS tewas, dan pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) telah menghancurkan sebuah jembatan di Mosul.

Al-Hashd al-Shaabi dalam statemennya menyebutkan bahwa jalur tersebut merupakan jalur terpenting ISIS yang menghubungkan Mosul dengan Tal Afar di barat Mosul.

“Al-Hashd al-Shaabi berhasil memutus semua jalur suplai dan transportasi para teroris ISIS dari Tal Afar menuju Mosul,” bunyi statemen itu.

Pasukan relawan besar Irak ini terus bergerak maju dan berhasil membebaskan sedikitnya tiga desa di barat Mosul melalui pertempuran sengit melawan ISIS.

Di bagian lain, pasukan pemerintah Irak membebaskan Jl. 30 di kawasan al-Intisar di tenggara Mosul serta dua desa lagi di selatan Mosul dan dua desa lain di barat laut kota ini.

Juru bicara Komando Operasi Gabungan pasukan Irak Brigjen Yahya Rasool Jumat malam mengumumkan sebanyak 84 anggota ISIS menemui ajal, dan satu lainnya tertangkap. Selain itu pasukan Irak telah menghancurkan puluhan bom mobil, bom-bom lain serta senjata, peralatan tempur dan pangkalan ISIS.

Sementara itu, salah satu jembatan di dalam kota Mosul hancur dihantam serangan udara pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS). Jembatan bernama “al-Khamis” itu dibom dengan dalih di atasnya terdapat tiga mobil kawanan ISIS yang sedang melintas, dan tiga mobil itupun hancur bersama para petempur ISIS yang ada di dalamnya.

Perusakan dan penghancuran jembatan dengan dalih apapun bukan saja sebatas perusakan terhadap infrastruktur kota, tapi juga akan sangat menyulitkan perburuan ISIS oleh pasukan Irak dalam perang kota, apalagi sebelumnya juga sudah terbetik kabar bahwa ISIS mengaktifkan bom di bawah semua jembatan di Mosul untuk mereka ledakkan ketika mereka dikejar oleh pasukan Irak. (mm/almasalah/almayadeen/anadolu)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL