Mosul, LiputanIslam.com –  Komandan operasi militer pembebasan Mosul, Irak utara, bersandi “Qadimun, Ya Ninawa” (Kami Datang, Wahai Ninawa), Letjen Abdul Amir Rashid Yarallah, menyatakan bahwa pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi telah membebaskan 175 desa dengan total luas kawasan sekira 4000 km persegi selama operasi militer ini berlangsung.

Yarallah menilai pasukan al-Hashd al-Shaabi telah melakukan “tindakan bagus dan besar” dalam pertempuran melawan kelompok teroris paling sadis dan bejat di dunia, Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Al-Hashd al-Shaabi berhasil membersihkan kawasan seluas 4000 km persegi, yang mencakup hampir 175 desa, dan yang lebih penting lagi ialah keberhasilan mereka memutus jalur suplai ISIS dari Suriah ke Irak,” katanya, Minggu (26/3/2017).

“Tindakan mereka bagus dan besar… Kami bekerjasama dengan kelompok-kelompok relawan ini untukl membebaskan sebagian kawasan dan mengusai jalur antara sisi kanan (barat) Mosul dan distrik Tal Afar,” lanjutnya.

Menanggapi suara-suara miring mengenai pasukan relawan ini, Yarallah mengatakan bahwa agitasi anti al-Hashd al-Shaabi bukanlah barang baru.

“Mereka semua yang berperang (melawan ISIS) di Mosul adalah orang-orang Irak sendiri, tujuan mereka satu, yaitu pembebasan provinsi Ninawa dan melindungi penduduknya. Inilah tujuan utamanya, tak ada tujuan lain,” terangnya.

Laporan lain mengutip pernyataan Yarallah bahwa pasukan Irak berhasil membebaskan empat kawasan lagi di bagian barat Mosul dari cengkraman ISIS.

“Pasukan kontra-terorisme telah membebaskan kawasan Rajm al-Hadid dan Wadi al-Ain selatan dari tangan para teroris. Setelah membebaskan dua kawasan ini dan menimpakan kerugian besar pada teroris, mereka mengibarkan bendera Irak di atas bangunan-bangunan di dua kawasan ini,” tuturnya.

Dia menambahkan, “Pasukan yang berafiliasi dengan badan kontra-terorisme juga berhasil membebaskan kawasan al-Urubah dan al-Shinaiyah di sisi kanan Mosul dan mengibarkan bendera Irak atas bangunan-bangunan di sana.”

Bersamaan dengan ini, tentara Irak mengumumkan keberhasilannya membebaskan waduk Badush dari pendudukan ISIS. (mm/alyaoum7/almanar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL