al-hashd-al-shaabi-relawan-irakBaghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi (Mobilisasi Rakyat) akan ikut berperang secara legal melawan terorisme di Suriah, apabila ada permintaan dari pemerintah Damaskus. Demikian dikatakan oleh Qais al-Khazali, pemimpin kelompok Asaib Ahl al-Haq, salah satu elemen al-Hashd al-Shaabi, Rabu (28/12/2016).

“Al-Hashd al-Shaabi akan menang melawan ISIS dan para takfiri di Irak. Insya Allah, melalui prosedur yang legal dan benar, akan ikut berpartisipasi dalam kemenangan melawan kaum takfiri di Suriah,” katanya.

Kaum takfiri adalah kalangan yang merasa benar sendiri dan gemar mengafirkan orang lain yang tak sependapat dengan mereka. Mereka biasanya adalah para penganut faham Salafi/Wahabi yang menjadi aliran resmi Kerajaan Arab Saudi, dan yang juga berkembang di banyak negara, termasuk Indonesia, berkat kucuran dana Arab Saudi. Ciri-ciri mereka adalah suka melontarkan tuduhan kafir, sesat, bid’ah, dan syirik kepada orang yang tak sependapat dengan mereka, termasuk mengenai ziarah kubur, tahlil, dan penyelenggaraan acara Maulid Nabi Besar Muhammad saw.

Dia melanjutkan, “Al-Hashd al-Shaabi sudah berubah menjadi sebuah lembaga yang sah. Ada kemungkinan pemerintah Irak akan bekerjasama dengan pemerintah Suriah untuk menghadapi ISIS di berbagai kawasan perbatasan dan dekat dengan Irak. Masalah ini sepenuhnya wajar.”

Beberapa elemen pejuang Irak lain sebelumnya juga menyatakan kesiapan mereka untuk berburu teroris di Suriah. Mereka menegaskan akan segera mengerahkan pasukan mereka ke Suriah untuk menumpas ISIS dan kawanan teroris lainnya jika ada permintaan resmi dari pemerintah Suriah.

Mengenai penumpasan ISIS di Irak sendiri, Perdana Menteri Haider Abadi kemarin menegaskan negaranya memerlukan waktu tiga bulan untuk menumpas ISIS. Namun pihak Amerika Serikat menyatakan bahwa penumpasan ISIS di Negeri 1001 Malam ini memerlukan waktu dua tahun. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL