Baghdad, LiputanIslam.com –  Juru bicara resmi pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi Ahmad al-Asadi menyatakan tak kurang dari 725 anggota kelompok teroris takfiri ISIS tewas dalam pertempuran yang berkobar di berbagai wilayah provinsi Salahuddin dan bagian barat provinsi Nineveh selama  30 hari terakhir.

“Pasukan al-Hashd al-Shaabi dalam 30 hari terakhir terlibat dalam operasi militer di berbagai kawasan provinsi Salahuddin yaitu al-Sininiah, Pegunungan Makhul, dan Tariq Haditha serta berbagai kawasan barat provinsi Nineveh, dan telah menimpakan kerugian jiwa pada pihak musuh sebanyak 725 anggota ISIS, 163 di antaranya pelaku serangan bunuh diri, dan delapan lainnya adalah komandan organisasi ini,” ungkap al-Asadi dalam keterangan persnya, Senin (8/5/2017).

Dia menambahkan bahwa dalam operasi itu pasukan relawan juga telah menghancurkan 235 bom rakitan, 12 unit rumah berbahan peledak, lima unit pesawat nirawak, dan 61 bom mobil, merebut dan menjinakkan 12 bom mobil hingga dapat dipakai oleh pasukan ini, dan menghancurkan 12 terowongan yang digunakan ISIS untuk berpindah-pindah antarlokasi.

Sementara itu, di front pertempuran di bagian barat laut Mosul yang masih dikuasai ISIS asap tebal mewarnai angkasa setempat. Seorang perwira polisi mengatakan kepada AFP bahwa asap tebal itu berasal dari ban-ban mobil dan tong-tong minyak yang dibakar oleh ISIS.

Belakangan ini ISIS menggunakan cara demikian serta cara-cara lain berupa pengerahan pasukan bom bunuh diri, penebaran ranjau dan penembakan peluru-peluru artileri untuk menahan gerak maju pasukan Irak.

“Ketika cuaca cerah maka pesawat-pesawat tempur Irak maupun pasukan koalisi akan dapat melihat degan jelas pergerakan para teroris dan tempat-tempat konsentrasi mereka sehingga dapat menyerangnya secara akurat. Inilah yang mendorong ISIS berusaha mengatasinya dengan cara membakar ban-ban mobil dan tong-tong minyak yang asapnya dapat membatasi daya penglihatan pesawat-pesawat ini,” ungkap perwira yang meminta identitasnya dirahasiakan itu. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL