Turkey-Syria-ConflictAnkara, LiputanIslam – Sebuah rekaman suara yang diduga percakapan Menteri Luar Negeri (Menlu) Ahmad Dawood Oglu dan beberapa pejabat Turki lainnya tentang rencana-rencana militer Turki terhadap Suriah menghebohkan media sosial Turki. Dalam rekaman itu terdengar pembicaraan mengenai rencana agresi militer terhadap Suriah, kordinasi antara intelijen Turki dan kelompok-kelompok bersenjata Suriah serta pernyataan-pernyataan mengenai pengiriman senjata dan militan melalui kerjasama dengan Qatar.

Dalam rekaman itu juga terdengar suara yang diduga pembicaraan Kepala Dinas Rahasia Turki Hakan Fidan mengenai pengiriman empat orang pria ke Suriah untuk menembakkan delapan peluru misil di wilayah Bour, Turki. Suara itu menyebutkan, “Kalau perlu, kita lancarkan serangan, ini tidak masalah karena bisa dibuat alasan untuk membenarkannya.” Sedangkan suara yang diduga percakapan Menlu Dawood Oglu menyebutkan bahwa Perdana Menteri Turki Recep Tayyib Erdogan sudah mengatakan via telefon bahwa opsi serangan terbuka jika keadaan memang mendesak.

Rekaman itu belum dikonfirmasi keontetikannya maupun tanggal kejadian dan situasinya saat itu. Namun, jaringan berita TV CNN Turki menyebutkan bahwa percakapan itu terjadi di kantor Dawood Oglu belum lama ini.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyib Erdogan mengecam keras aksi penyadapan suara dan menyebutnya sebagai tindakan hina dan keji yang harus ditindak tegas. “Kami akan buru mereka hingga ke dalam gua, demi siapa kalian melakukan penyadapan,” tandas Erdogan.

Secara terpisah, Menlu Turki Ahmad Dawood Oglu menegaskan bahwa pembocoran konten-konten rahasia tentang campurtangan militer Turki terhadap Suriah di internet sebagai pernyataan perang, serangan kebencian, dan aksi kejahatan yang sangat berbahaya.

“Aksi penyadapan terhadap para pejabat yang mengemban misi penting dalam pemerintahan merupakan bentuk nyata pernyataan perang terhadap pemerintah dan bangsa Turki,” ungkap Oglu kepada wartawan. Dia juga menegaskan bahwa pemerintah akan menunjukkan reaksi yang paling tepat terhadap apa yang disebutnya sebagai serangan terhadap masa depan dan stabilitas Turki. (mm/almanar/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL