Baghdad, LiputanIslam.com – Komandan Pasukan Khusus Irak “al-Firqah al-Dzahabiyyah”, Mayjen Fadhil Jalil al-Barwari, mengumumkan sebanyak 125 teroris anggota organisasi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dalam pertempuran sengit yang berkobar di selatan kota Ramadi, ibu kota provinsi Anbar.

“Pasukan al-Firqah al-Dzahabiyyah bersama beberapa pesawat tempur pasukan koalisi internasional dalam beberapa hari lalu telah membunuh lebih dari 120 teroris , beberapa di antaranya komandan kelompok teroris ISIS, di Ramadi,” kata al-Barwari, Selasa (17/3/2015), sebagaimana dilansir Iraqi Media Network (IMN).

Dia menambahkan, “Meskipun ISIS melancarkan banyak aksi peledakan, namun mereka tidak sanggup merebut sejengkalpun tanah di lokasi-lokasi yang ditempati oleh al-Firqah al-Dzahabiyyah.”

Senin lalu (16/3/2015) situs Iraq al-Qanun menyebutkan bahwa Komando Operasi Anbar berhasil menghabisi 50 teroris yang tiga di antaranya berstatus amir (gubernur) ISIS, termasuk Ismail Walid dan seorang anaknya. Puluhan orang itu tewas dan semua kendaraan mereka hancur digempur artileri Irak saat berkumpul di kawasan Albu Hais di dekat sebuah menara telekomunikasi.

Di provinsi Salahuddin, sebagaimana dinyatakan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Irak, 40 kawanan bersenjata tewas, tiga unit mobil berbahan peledak hancur dan satu mobil tangki berbahan peledak berhasil ditangani dalam pertempuran yang terjadi di Tikrit dan distrik Baiji sejak Senin hingga Selasa (16 – 17/3/2015).

Menurut Kemhan Irak, pasukan kontra terorisme berhasil membunuh 14 teroris dan menghancurkan mobil pengangkut personil ketika kawanan ISIS mencoba melancarkan serangan di kawasan al-Malihah, distrik Baiji.

Kemhan Irak menjelaskan, “Komando Operasi Salahuddin telah melakukan aktivitas pertempurannya dalam operasi bersandi Labbaika Ya Rasulullah dengan dukungan pesawat tempur angkatan udara Irak di beberapa kawasan Tikrit yaitu gerbang rumah sakit Tikrit, persimpangan al-Dayum dan al-Qadisiah, hingga menewaskan 26 teroris, menghancurkan dua kendaraan berbahan peledak serta membereskan mobil tangki berbahan peledak dan satu mobil yang mengangkut para teroris.”

Laporan lain dari sumber keamanan provinsi Salahuddin yang dikutip al-Sumaria News menyebutkan bahwa sekitar 30 anggota ISIS tewas diterjang serangan udara Irak terhadap konvoi pasukan SISI di sebuah lokasi antara Anbar dan Salahuddin di utara Tikrit.

“Pesawat-pesawat tempur pasukan Irak telah menggempur konvoi ISIS yang terdiri atas beberapa kendaraan yang datang dari kawasan al-Jazirah yang memisahkan antara provinsi Salahuddin dan Anbar menuju kawasan al-Shiniyah di bagian barat distrik Baiji, 40 km utara Tikrit,” papar sumber yang tak disebutkan namanya itu.

Dia menambahkan, “Serangan udara itu menewaskan sekitar 30 anggota ISIS dan menghanguskan seluruh kendaraan mereka.”

Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Salahuddin menyatakan bahwa di kota Tikrit terdapat para pelaku serangan bom bunuh diri ISIS yang terkepung beberapa lokasi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*