demo di sanaa yaman 100415 02Sanaa, LiputanIslam.com – Rakyat Yaman dijadwalkan akan menggelar aksi konsentrasi di bandara Sanaa, ibu kota Yaman, hari ini Kamis (30/04) untuk menandai protes mereka terhadap aksi Arab Saudi membombardir bandara ini.

TV al-Manar milik Hizbullah yang berbasis di Beirut, Lebanon, melaporkan bahwa rakyat Yaman marah dan mengutuk kebrutalan Saudi tersebut dan mendesak supaya bandara itu diperbaiki secepatnya.

TV al-Masirah milik gerakan Ansarullah (Houthi) di Yaman juga memberitakan bahwa komite revolusi meminta para karyawan bandara ikut berpartisipasi dalam unjuk rasa masyarakat Sanaa tersebut.

Seperti pernah diberitakan, jet-jet tempur Saudi membombardir bandara Sanaa Selasa (28/4) setelah pesawat Iran yang membawa bantuan kemanusiaan masuk ke Yaman dan berada di angkasa Sanaa. Pesawat Iran sebelumnya sudah berulang kali mendapat peringatan dari jet tempur Saudi supaya tidak memasuki zona udara Yaman, tapi peringatan itu tak digubris oleh pilot pesawat tersebut.

Jet tempur Saudi lantas menghancurkan menara dan landasan pacu bandara Sanaa serta bandara militer di kota yang sama dan bandara Hadida. Akibatnya, pesawat Iran tak dapat mendarat dan terpaksa kembali ke Iran.

Menanggapi kejadian ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Marziyeh Afkham menyatakan apa yang dilakukan oleh Saudi itu sangat tidak manusiawi dan menunjukkan kedengkian yang hebat terhadap rakyat Yaman.

Afkham juga menyatakan bahwa aksi itu dilakukan Saudi dalam rangka meningkatkan tekanan terhadap rakyat Yaman yang tak berdosa.
Lebih lanjut dia meminta lembaga-lembaga internasional, khususnya Komite Internasonal Palang Merah, supaya berusaha sedapat mungkin dan secepatnya mengirim bahan makanan dan obat-obatan untuk para korban serangan udara Saudi ke Yaman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL