demo-anti-teroris-di-tunisiaTunis, LiputanIslam.com –   Ribuan orang menggelar demonstrasi anti “jihadis” di sekitar gedung parlemen Tunisia, Sabtu (24/12/2016). Mereka mendesak pemerintah supaya tidak mengizinkan para ekstrimis asal Tunisia pulang ke negara ini.

“Tak ada kebebasan bagi kelompok-kelompok teroris,” pekik para demonstran.

Dalam foto yang diambil oleh AFP, terlihat ibu-ibu berunjuk rasa dengan membawa plakad bertuliskan antara lain, “Kami katakan kepada teroris; ‘Tak ada kompromi, tak ada penerimaan’”, dan “Wahai para penguasa Tunisia, anak-anak mudamu senantiasa ketakutan.”

Panitia demonstrasi mengatakan aksi ini diikuti oleh 1,500 orang.

Di hari yang sama, otoritas Tunisia menyatakan telah menangkap tiga tersangka “jihadis” yang terhubungan dengan Anis Amri, warganegera Tunisia tersangka pelaku serangan teror di Pasar Natal Berlin, Tunisia Anis Amri, yang menewaskan 12 orang dan melukai 48 lainnya.

Para pengunjuk rasa juga mengecam ketua partai Ennahda, Rached Ghannouchi, yang pernah mendukung ide pemberian izin kepada para ekstrimis yang sudah “tobat” untuk pulang ke Tunisia.

Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi awal bulan ini menegaskan negara ini menolak mengampuni warganya yang ikut berperang bersama organisasi-organisasi teroris.

“Banyak di antara mereka ingin kembali, dan kita tidak dapat mencegah mereka pulang ke negaranya,tapi kami akan waspada,” katanya kepada AFP.

Menanggapi badai kecaman di media dan jejaring sosial, dalam pidatonya di televisi pada 15 Desember lalu dia menegaskan negaranya “tidak akan memanjakan teroris.”

Menurut sebuah kelompok kerja PBB tentang tentara bayaran, lebih dari 5000 orang Tunisia ikut berperang bersama kelompok-kelompok teroris di berbagai negara, terutama Irak, Suriah dan Libya.

Jumat malam lalu, Menteri Dalam Negeri Hedi Majdoub mengatakan kepada parlemen bahwa 800 warga Tunisia yang telah berperang untuk kelompok ekstrimis di luar negeri telah kembali ke negara ini. (mm/enca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL