Amman, LiputanIslam.com –  Raja Abdullah II dari Yordania menyatakan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab yang akan di selenggarakan di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, pada April mendatang akan mendukung tekad untuk menjadikan Al-Quds (Yerussalem) sebagai ibu kota negara merdeka Palestina.

Seperti dilansir kantor berita Yordania, Petra, Raja Abdullah II, Selasa (13/3/2018), “menegaskan pentingnya KTT Liga Arab mendatang dalam koordinasi dan penyatuan sikap Arab dalam mendukung hak-hak sah bangsa Palestina dalam mendirikan negara merdeka Palestina dengan ibu kota Al-Quds Timur.”

Yordania berulangkali menyatakan prihatin atas kondisi al-Quds menyusul keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Desember 2017 mengakui kota suci itu sebagai ibu kota Israel.

Arab Saudi beberapa waktu lalu telah menetapkan bahwa KTT Liga Arab ke-29 akan diselenggarakan di Riyadh pada pekan pertama bulan April 2018.

Selain membahas isu al-Quds dan pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke al-Quds menyusul keputusan Trump tersebut, Liga Arab dalam KTT itu juga membahas isu-isu penting lain termasuk perang Suriah, kondisi Irak pasca ISIS, perang Yaman, krisis Libya, dan apa yang disebut oleh Saudi dan sekutunya sebagai “campur tangan” Iran dalam urusan negara-negara Arab.

Belum jelas apakah KTT itu juga akan membahas krisis hubungan Qatar dengan negara-negara jirannya dan Mesir, sementara Qatar menyatakan siap menghadiri KTT itu “dimanapun diselenggarakan.” (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*