Riyadh, LiputanIslam.com –   Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi telah memecat kepala staf angkatan bersenjata dan sejumlah komandan lainnya dalam sebuah perombakan besar.

Kantor berita Saudi, SPA, Senin (26/2/2018), melaporkan bahwa Jenderal Abdul Rahman bin Saleh al-Bunyan telah dicopot dari jabatan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata, dan diganti oleh Fayyad al-Ruwaili.

Raja Salman juga merombak Kepala Staf Angkatan Darat dan Kepala Staf Angkatan Udara.

Tidak ada penjelasan mengenai perombakan besar-besaran ini, namun hal ini terjadi setelah intervensi militer Saudi dan sekutunya di Yaman sudah mendekati tahun ketiga tanpa ada hasil seperti yang mereka inginkan.

Beberapa deputi baru juga telah diangkat di kementerian ekonomi dan keamanan serta beberapa wali kota baru, termasuk Tamadur binti Youssef al-Rama sebagai wakil menteri buruh, sebuah jabatan senior yang langka untuk seorang wanita di negara kerajaan yang sangat konservatif ini.

Keputusan Raja Saudi ini juga mencakup pengangkatan tiga wakil gubernur dari kalangan keturunan saudara-saudara Raja Salman, yaitu Ahmed, Talal dan Muqrin, yang beberapa di antaranya terkesan dikesampingkan di tengah arus perubahan yang terjadi belakangan ini. (mm/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*