jordania-israelAmman, LiputanIslam.com – Raja Abdullah II dari Jordania membatalkan acara peringatan hari ulang tahun ke-20 perdamaian dengan Israel yang telah dijadwalkan akan berlangsung pada pekan ini. Pembatalan terjadi menyusul agresi Israel yang terus memuncak terhadap warga Palestina di kota Baitul Maqdis (Jerussalem) dan kelancangan kaum Zionis terhadap Masjid al-Aqsa yang sangat disucikan oleh umat Islam.

Sebagaimana dilaporkan TV Israel Channel 10, Raja Abdullah II sengaja membatalkan acara itu sebagai tekanan terhadap Perdana Menteri Israel supaya berusaha memulihkan ketentraman di Baitul Maqdis.

TV Israel ini menambahkan bahwa pemerintah Amman juga telah membatalkan penyelenggaraan sebuah acara lain di bidang kerjasama energi antara Amman dan Tel Aviv yang semula akan dihadiri oleh Menteri Pengairan dan Menteri Energi serta 40 petinggi Jordania lainnya.

Menyusul represi Israel terhadap warga Palestina dan kesewenang-wenangan Israel menutup Masjid al-Aqsa telah membangkitkan kemarahan publik di Jordania. Karena itu, sebagai protes terhadap Israel, Jordania menarik duta besarnya dari Tel Aviv dan menyatakan akan mengadukan Israel kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL