arab channelLondon, LiputanIslam.com – Stasiun-stasiun TV Arab, terutama di kawasan Teluk Persia, menerapkan sensor berita terkait para korban serangan udara Saudi dan sekutunya ke Yaman. Pemimpin redaksi media online Rai al-Youm, Abdel Bari Atwan, dalam editorialnya Jumat (17/4) menyoal sensor yang dilakukan TV-TV Arab ini.

“Mengapa para korban tewas dan luka perang Yaman tidak muncul di sebagian besar TV satelit Arab dan sampai di mana nanti jumlahnya akan terhenti?” tulis Atwan dalam mengawali editorialnya untuk media yang berbasis di London, Inggris, tersebut.

Dia menjelaskan, “TV-TV Arab sarat berita serangan udara ke Yaman dan target-target yang dihancurkannya, disertai euforia yang mencetak rekor, namun jarang sekali menayangkan para korban tewas dari kalangan rakyat sipil yang tak berdosa akibat serangan udara, padahal PBB menyebutkan jumlah korban tewas hampir 1,000 orang, sedangkan korban luka 3,000 orang.”

Jurnalis terkemuka dunia Arab ini menyebutkan, “TV-TV ini sejak dulu sampai sekarang terus memenuhi tayangannya dengan gambar para korban tewas yang hancur diterjang roket di Suriah, atau para korban ISIS di Irak dan Gunung Sinjar. Tapi, entah kenapa, tak ada satu gambar anak kecil Yaman yang terbunuh, atau bahkan korban yang luka.”

Atwan menambahkan, “Inilah yang terjadi pada media yang mengaku profesional, obyektif dan sebagian di antaranya mengangkat slogan “multi opini” ( TV Aljazeera, red), dan perang yang sudah berjalan hampir empat pekan seolah-olah menebar bom bunga dan parfum, bukan roket-roket buatan Amerika Serikat yang membawa hulu ledak penghancur bebatuan dan manusia sekaligus. ”

Dia juga mengingatkan bahwa kondisi kemanusiaan di Yaman terlampau buruk sebagaimana juga dikatakan oleh Ban Ki-moon, Sekjen PBB yang akhirnya mendesak supaya diberlakukan gencatan senjata demi pengiriman bantuan kemanusiaan dan bahan makanan kepada lebih dari 25 juta penduduk Yaman yang sedang terisolasi dari dunia akibat perang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL