iran hasyemi rafsanjaniTeheran, LiputanIslam.com – Iran kembali mengingatkan negara-negara Arab Teluk Persia soal invasi militer mereka ke Yaman. Peringatan Iran kali ini dikemukakan oleh Ketua Dewan Kebijakan Iran Hasyemi Rafsanjani yang juga mantan presiden negara ini.

“Penentu hasil pertikaian adalah kehendak dan tekad rakyat, bukan serangan udara,” katanya sembari menyebut sebagaian negara Arab telah melakukan “kesalahan secara terbuka dan membabi buta” serta “bermain api” dalam serangan ke Yaman, sebagaimana dilaporkan Alalam dan dikutip oleh Rai al-Youm, Minggu (29/3/2015).

Dia mengatakan, negara-negara Arab di bawah komando Saudi telah “bersatu melawan sebuah negara Islam di kawasan, sementara mereka tak mampu melakukan tindakan militer yang terkecil sekalipun terhadap Israel yang menduduki tanah Palestina dan kota Baitul Maqdis.”

Tokoh Iran yang dikenal moderat ini juga mengatakan bahwa di saar tidak mengambil tindakan apapun yang berarti dalam penumpasan kelompok teroris ISIS, negara-negara Arab itu sekarang malah melancarkan serangan untuk menundukkan rakyat revolusioner semisal rakyat Yaman.

Rafsanjani mengimbau para pemimpin Arab bersikap bijak, rasional, tidak terjurumus pada krisis regional, tidak membuat kawasan kaya minyak, terutama di Laut Merah, menjadi kawasan yang krisis dari segi keamanan, tidak mengobarkan ketegangan dan kriris baru di kawasan dan dunia, “sebab negara-negara ini telah melakukan aksi-aksi berbahaya tanpa perhitungan.”

Sementara itu, al-Manar melaporkan bahwa Rafsanjani membatalkan jadwal kunjungannya ke Arab Saudi sebagai sebagai reaksi atas serangan koalisi Saudi terhadap Yaman.

Penasehat parlemen Kepala Dewan Kebijakan Iran, Ghodratollah Alikhani, mengatakan kepada media bahwa Rafsanjani membatalkan rencana kunjungan ke Saudi sebagai protes atas serangan Saudi ke Yaman.

Alikhani menambahkan bahwa dalam pertemuan dengan beberapa pejabat Sabtu lalu Rafsanjani mengecam serangan Saudi yang telah menjatuhkan puluhan korban tewas warga sipil Yaman tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*