iran hasyemi rafsanjaniTeheran,LiputanIslam.com   Ketua Dewan Kebijaksanaan Republik Islam Iran Ayatullah Hasyemi Rafsanjani memastikan kebesaran kekuatan militer Iran telah menimbulkan ketakutan pada pihak-pihak yang selama ini memusuhi negara ini.

Hal ini dinyatakan mantan presiden Iran ini dalam kata sambutannya saat menerima kunjungan Asosiasi Pilot Iran di Teheran, Senin (19/9/2016), dalam rangka memperingati Pekan Pertahanan Iran.

Seperti dilansir al-Alam, Rafsanjani menambahkan bahwa meskipun di masa pertahanan melawan agresi militer rezim diktator Irak, Saddam Hossein,  Iran dihantam badai embargo, tapi negara ini justru dapat mengembangkan pusat-pusat kajian militer dan kekuatan pertahanannya hingga ke tahap yang membuat “kekuatan militer dan pertahanan Iran sekarang tak dapat dipungkiri oleh siapapun dan telah menebar ketakutan dalam diri pihak lawan.”

Dia menjelaskan bahwa di masa perang Iran-Irak pada tahun 1980-an itu rezim Baath Irak mendapat bantuan propaganda dari Barat, bantuan perlengkapan militer dari Timur, dan bantuan dana dari rezim-rezim reaksioner di kawasan Timteng.

Rafsanjani mengapresiasi kiprah Angkatan Udara Iran dalam pertahanan tersebut.

“Dengan melancarkan 150 kali serangan udara pada hari pertama perang yang dipaksakan itu, Angkatan Udara Iran telah melakukan tindakan efektif yang menimbulkan kehancuran yang tak tergantikan di front belakangan pasukan Baath,” ujarnya.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL