iran hasyemi rafsanjaniTeheran, LiputanIslam.com –   Mantan Presiden Iran, Ayatullah Akbar Hashemi Rafsanjani yang kini menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Republik Islam Iran menyatakan bahwa Rezim Zionis Israel sebagai “kanker” di Timur Tengah cepat atau lambat akan binasa.

Seperti dilansir Alalam, Senin (6/7), dalam wawancara dengan Alahed Alakhbari Rafsanjani juga menegaskan bahwa Iran tidak mungkin menjamah senjata nuklir, apalagi senjata pemusnah massal sekejam ini juga sudah lama diharamkan olehPemimpin Besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei.

Menurutnya, Israel tak henti-henti melancarkan tekanan untuk menghalangi terjalinnya perjanjian nuklir Iran dengan lima negara besar dunia anggota Dewan Keamanan PBB dan Jerman.

“Rezim Zionis mengerahkan segenap kemampuannya untuk mencegah keberhasilan Iran mengatasi problematikanya. Ini karena mereka tahu persis bahwa jika Teheran dapat mengatasi problematikanya maka akan terjadi lompatan yang tinggi pada posisi Iran secara politik, ekonomi, kebudayaan, media dan semua sektor lain,” ungkapnya.

Mengenai masa depan Palestina, dia mengatakan, “Saya masih berkeyakinan bahwa eksistensi Israel dan pemerintahan palsunya adalah sesuatu yang bersifat temporal, dan suatu hari kanker di tubuh bangsa dan negeri Palestina ini akan musnah.”

Namun demikian, dia menyayangkan sikap Arab terhadap Israel.

“Kami prihatin karena Arab sekarang tidak peduli kepada rezim pendudukan yang menjadi musuh mereka yang sebenarnya. Mereka malah menjadikan Iran sebagai musuh nomor wahid mereka,” keluhnya.

Ditanya pendapatnya mengenai peran koalisi internasional pimpinan AS, Rafsanjani menilai koalisi pimpinan Amerika Serikat ini tak serius memerangi ISIS.

Sedangkan mengenai serangan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi ke Yaman dia mengatakan, “Perang ini merupakan salah satu kesalahan strategis Saudi, dan pada gilirannya Saudi tidak akan bisa merealisasikan apapun dan tak akan dapat menundukkan bangsa Yaman. Karena itu Saudi telah terjerumus pada problema yang tak ia ketahui jalan keluarnya.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL