mesir morsi di penjaraDoha, LiputanIslam.com – Pemerintah Qatar menyatakan prihatin atas pengukuhan vonis hukuman mati terhadap mantan presiden Mesir Mohamed Morsi, dan meminta pemerintah Mesir mencabut vonis itu dan membebaskan Morsi.
“Doha bergabung ke dalam barisan negara-negara yang menuntut pencabutan hukuman mati dan pembebasan Morsi,” ungkap seorang pejabat pemerintah Qatar, sebagaimana dilansir al-Jazeera, Rabu (17/6).

Pejabat yang meminta namanya dirahasiakan itu mengingatkan bahwa putusan pengadilan terhadap kalangan oposisi Mesir hanya akan memperkeruh keadaan di Mesir serta merugikan kepentingan negara ini di tengah pergaulan internasional.

Pengadilan kriminal Kairo Selasa lalu (16/6) mengukuhkan vonis hukuman terhadap 16 terdakwa aksi mata-mata anti Mesir, tiga orang di antaranya adalah tokoh kelompok Ikhwanul Muslimin, termasuk Mohammad Morsid an Mohammad Badi.

Morsi dan lima orang lainnya divonis hukuman mati dalam persidangan yang mereka hadiri, sedangkan 94 terdakwa lain anggota kelimpok Ikhwanul Muslimin diadili dan divonis hukuman secara in absentia.

Morsi adalah presiden Mesir yang dikudeta oleh pihak militer yang saat itu dipimpin oleh Abdullah Fattah al-Sisi pada Januari 2013. Peristiwa ini terjadi menyusul maraknya aksi demo rakyat Mesir yang menuntut Morsi meletakkan jabatan. Sejak itu Mesir dilanda gelombang aksi kekerasan dan teror.

Dalam peristiwa terbaru yang terjadi Rabu kemarin, tentara Mesir dilaporkan berhasil menggagalkan rencana serangan teror terhadap pasukan keamanan dalam sebuah operasi yang menewaskan tujuh kawanan teroris dan menghancurkan dua gudang amunisi.

Menurut Reuters, peristiwa itu dilaporkan oleh juru bicara militer Mesir di media sosial Facebook, Rabu kemarin. Disebutkan pula bahwa militer Mesir mengaku telah mengantongi informasi mengenai pengiriman senjata dan amunisi teroris dari kota Rafah ke kota Sheikh Zuweid untuk persiapan serangan teror terhadap aparat keamanan.

Sehari sebelumnya, satu perwira polisi Mesir terbunuh dan empat lainnya luka-luka akibat ledakan bom di pinggir jalan yang ditujukan terhadap mobil lapis baja aparat keamanan di kawasan al-Arish. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL