Moskow, LiputanIslam.com –  Dubes Qatar untuk Rusia Fahd Mohammad al-Atiyyah menegaskan negaranya berhak membela diri dan karena itu menolak keras ancaman ancaman Arab Saudi terkait keputusan Qatar membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia.

Hal ini dia kemukakan kepada kantor berita Sputnik milik Rusia, Kamis (7/6/2018), saat menanggapi kabar bahwa Saudi mengimbau Perancis agar mencegah Qatar membeli S-400, dan bahwa Saudi juga mengancam akan melakukan intervensi militer terhadap Qatar jika Qatar jadi memiliki sistem pertahanan mutakhir ini.

“Kami mendengar pernyataan-pernyataan demikian dari media internasional, tapi kami di Qatar menegaskan prinsip kedaulatan dan haknya dalam membela diri dan masuk dalam kemitraan yang sah dengan negara-negara lain,” ujar al-Atiyyah.

Dia menambahkan, “Jika pernyataan Saudi benar adanya maka kami menolak sepenuhnya. Kita hidup bukan di era hukum rimba yang mengandalkan intimidasi. Kita berada di bawah payung PBB, dan pada gilirannya siapapun tak berhak mendiktekan keinginan kepada kami selagi kami mengupayakan sesuatu yang benar dan sah.”

Dia menjelaskan bahwa kerjasama negaranya “dengan pihak Rusia berlanjut di semua bidang, termasuk keamanan dan pertahanan”, dan Qatar “berusaha mengokohkannya tanpa ada siapapun berhak mencampuri urusan internal Rusia ataupun Qatar.”

Dia melanjutkan, “Ini adalah urusan kedaulatan, Saudi maupun negara lain tidak berhak menerapkan tekanan apapun. Saya menganggap sikap itu campur tangan terbuka dalam urusan internal, baik bagi Rusia maupun Qatar.”

Pada 1 Juni lalu koran Le Monde terbitan Perancis melaporkan bahwa Raja Salman bin Abdulaziz telah melayangkan surat kepada Presiden Perancis Emmanuel Macron berisi permintaan agar Perancis menghalangi Qatar memperoleh sistem S-400 buatan Rusia.

Menurut Le Monde, dalam surat itu Riyadh juga menyatakan siap melakukan “tindakan militer” terhadap Qatar jika negara ini mendapatkan sistem itu.

Menanggapi kabar ini, Wakil Ketua Komisi Pertahanan dan Keamanan Dewan Federasi Rusia, Alexei Kondratiev, mengatakan bahwa sikap Riyadh tidak akan berpengaruh pada rencana Moskow menjual S-400 kepada Qatar. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*