emir-qatar-tamim-bin-hamad-al-thani

Emir Qatar Syeikh Tamim bin Hamad al-Thani

Teheran, LiputanIslam.com –  Emir Qatar Syeikh Tamim bin Hamad al-Thani dalam kontak telefonnya dengan Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan pihaknya menginginkan adanya dialog konstruktif Iran dengan negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC).

Kantor berita resmi Iran, IRNA, Rabu (14/9/2016) melaporkan bahwa dalam kontak telefon yang terjadi bersamaan dengan tibanya hari raya Idul Adha Senin lalu (12/9/2016) itu Emir Qatar mengatakan, “Persoalan regional harus diselesaikan oleh negara-negara regional sendiri dan hanya melalui perundingan, dialog dan kesefahaman.”

Dia menekan pentingnya penguatan dialog Iran dengan negara-negara kawasan Teluk Persia.

“Dialog ini sangat penting, sebab persoalan memang mesti diselesaikan di meja perundingan, bukan dengan kedatangan pihak-pihak lain untuk mengatasinya,” ujarnya.

Menurut IRNA, pernyataan Emir Qatar dalam percakapan telefon dengan Presiden Iran itu mendapat beragam tanggapan dari para pengamat.  Ada pengamat yang menilai pernyataan itu hanya sekedar basa-basi diplomatik, dan ada pula yang menilai Emir Qatar memang beriktikad untuk mengendalikan situasi regional yang memanas akibat gejolak hubungan antara Iran dan Arab Saudi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL