Doha, LiputanIslam.com –  Menteri Pertahanan Qatar Khalid Bin Mohammad al-Atiyyah menyatakan bahwa negaranya ikut terlibat dalam serangan militer koalisi Arab terhadap Yaman tak lain karena merasa mendapat tekanan dari Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya.

Dalam wawancara dengan channel berbahasa Inggris TRT milik Turki, Senin (17/7/2017), dia mengatakan bahwa negaranya sejak awal berseberangan sikap dengan aliansi Arab pimpinan Arab Saudi berkenaan dengan Yaman.

“Qatar merasa dipaksa oleh Saudi dan negara-negara Arab lain untuk bergabung dengan aliansi Arab di Yaman,” katanya.

Dia melanjutkan, “Tapi kami sejak awal memiliki pendapat sendiri yang berbeda mengenai penyelesaian kondisi di Yaman, tapi sayang kami merasa terpaksa bergabung dengan aliansi Arab.”

Sebelumnya dalam wawancara yang sama al-Atiyyah menegaskan bahwa Doha menolak desakan kubu Saudi terhadap Doha supaya menutup pangkalan militer Turki di Qatar. Dia juga mengancam akan mengadukan tindakan kubu Saudi kepada pengadilan internasional agar mereka membayar ganti rugi akibat boikot mereka terhadap Qatar yang berlangsung sejak 5 Juni lalu.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Qatar, Selasa malam (18/7/2017), mengumumkan bahwa pasukan Turki gelombang keenam telah tiba di Qatar.

Kementerian ini dalam statemennya menjelaskan bahwa keberadaan pasukan Turki di Qatar adalah dalam rangka kerjasama militer kedua negara yang sudah lama terjalin, dan demi mengaktivasi isi perjanjian bilateral di bidang pertahanan.

“Ini sesuai dengan perspektif pertahanan bersama untuk mendukung pemberantasan terorisme dan radikalisme serta demi memelihara keamanan dan stabilitas di kawasan,” bunyi statemen tersebut.

Statemen ini tidak menyebutkan berapa jumlah tentara Turki yang telah tiba di Qatar dalam gelobang tersebut, namun keterangan yang selama ini beredar ialah bahwa Turki telah memutuskan pengiriman pasukan sebanyak 5000 personil ke Qatar. (mm/rt/qana)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL