Sochi, LiputanIslam.com –  Presiden Rusia Vladimir Putin usai pertemuan dengan sejawatnya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, di kota Sochi, Rusia, Senin (17/9/2018), menyatakan bahwa keduanya telah mencapai kata mufakat untuk penyelesaian masalah provinsi Idlib, Suriah.

“Dalam pertemuan ini kami telah membahas situasi (di Idlib) ini secara detail. Kami telah memutuskan pengadaan kawasan perlucutan senjata sejauh 15 – 20 kilometer sepanjang garis kontak antara oposisi bersenjata dan pasukan pemerintah sejak 15 Oktober mendatang,” ungkap Putin usai pertemuan tertutup dengan Erdogan selama 1 jam 25 menit.

Menurutnya, pasukan Turki dan polisi militer Rusia akan melakukan patroli bersama di zona de-eskalasi di Idlib.

“Para pemimpin Suriah dalam waktu dekat ini akan mengadakan pembahasan mengenai penyelesaian di Idlib,” imbuhnya.

Putin menilai pembicaraannya dengan Erdogan konstruktif dan obyektif.

Menjelang pertemuan ini, Erdogan menyatakan bahwa statamen bersamanya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang akan dikeluarkan usai pertemuan akan “sangat penting” dan “memberikan harapan baru bagi kawasan.

Saya kira, seluruh dunia, bukan hanya kawasan saja, menyorot pertemuan hari ini, dan pernyataan-pernyataan yang akan kami sampaikan di sini setelah pertemuan ini akan memberikan harapan bagi kawasan,” tuturnya. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*