Moskow, LiputanIslam.com – Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberitahu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ihwal pertemuan dan pembicaraannya dengan Presiden Suriah Bashar Assad yang menyatakan kesiapan Damaskus untuk menyelenggarakan pemilu.

“Vladimir Putin telah memberitahu Donald Trump hasil-hasil utama pertemuannya dengan Assad yang terjadi pada 20 November lalu di mana Presiden Suriah telah menegaskan komitmennya pada proses politik, pelaksanaan reformasi konstitusi dan penyelenggaraan pemilu presiden dan parlemen,” ungkap Kremlin, Selasa (21/11/2017).

Putin sendiri di hari yang sama menyatakan bahwa hanya rakyat Suriah sendirilah yang berhak menentukan bagaimana peran Assad selanjutnya.

Hal yang sama juga dinyatakan Jubir Kremlin Dmitry Peskov dalam jumpa pers hari itu saat ditanya bagaimana peran Assad selanjutnya.

“Rakyat Suriah sajalah yang dapat menentukan masa depan Assad,” katanya.

Menanggapi pertanyaan bagaimana pendapat Assad sendiri, dia mengatakan, “Saya tak dapat mengatakan apapun pada tahap ini.”

Putin Senin lalu menyambut kedatangan Assad di kota kota Sochi, Rusia, dan memastikan bahwa perang melawan terorisme di Suriah sudah hampir usai.

Esok harinya Putin via telefon menghubungi dan memberitahu Trump dan Raja Salman Bin Abdulaziz dari Arab Saudi hasil-hasil pertemuannya dengan Assad di Sochi. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL