Moskow, LiputanIslam.com –  Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan dengan para pejabat tinggi negaranya, Kamis (26/10/2017), menyatakan 90% wilayah Suriah telah bebas dari cengkraman kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Dia kemudian mengungkapkan apresiasinya kepada tentara Rusia atas operasi militer yang mereka lancarkan selama ini dalam penumpasan terorisme di Suriah.

“Berkat kegagah beranian dan kemahiran mereka dalam pertempuran telah terjadi perubahan fundamental pada situasi Suriah,” katanya.

Dia menambahkan bahwa berkat kerjasama erat negaranya dengan pemerintah Suriah serta negara-negara mitra lainnya telah diadakan zona-zona de-eskalasi dan terdapat pula upaya keras untuk melancarkan proses penyelesaian krisis Suriah melalui jalur politik dan memperdalam rekonsiliasi sipil.

Putin menjelaskan bahwa kelompok-kelompok teroris bukanlah organisasi yang lemah, melainkan terlatih, memiliki perlengkapan yang baik dan akses dana yang besar, serta memiliki motivasi yang kuat.

Dia juga mengatakan bahwa dari berbagai operasi militer terhadap ISIS terlihat adanya peningkatan kemampuan pasukan Rusia, namun tetap harus diperkuat dan dibekali dengan sistem-sistem persenjataan mutakhir dan optimalisasi pelatihan dan kesiapan tempur. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL