pertempuran di hasakah suriahDamaskus, LiputanIslam.com – Puluhan teroris dilaporkan tewas di tangan pasukan Suriah dalam pertempuran di beberapa kawasan negara ini.

Lembaga pemberitaan Rusia Sputnik menyebutkan bahwa operasi serangan kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terhadap pangkalan udara strategis Deir e -Zor di bagian timur Suriah berhasil dibuyarkan oleh pasukan pemerintah Suriah yang dibantu beberapa jet tempur negara ini, Jumat (20/11).

Disebutkan pula bahwa 25 kombatan ISIS menemui ajalnya saat berusaha menyerang pangkalan udara tersebut, sementara pasukan Suriah juga berhasil memperluas wilayah kekuasaannya di beberapa desa di sekitar pangkalan.

Sebelumnya, kawanan teroris ISIS juga berulang kali melancarkan serangan berat terhadap posisi-posisi pasukan Suriah di sekitar pangkalan, namun gerombolan takfiri berfaham Salafi/Wahabi itu selalu berhasil dihalau oleh pasukan Suriah yang dibantu oleh pasukan adat beberapa kelompok suku setempat, terutama suku Shaitat yang sejak awal sangat bermusuhan dengan ISIS.

Pangkalan udara Deir ez-Zor dipandang sangat strategis karena merupakan pangkalan udara utama dan terpenting di kawasan timur Suriah. Pangkalan ini menjadi semakin vital sejak pangkalan udara Tabaqah di Raqqah jatuh ke tangan ISIS.

Pangkalan udara Deir ez-Zor menjadi basis operasi serangan pasukan udara Suriah di berbagai kawasan timur hingga wilayah dekat perbatasan negara ini dengan Irak, dan dari pangkalan itu pula bantuan militer dan logistik dikirim untuk pasukan Suriah di dalam kota Deir ez-Zor.

Sementara itu, kantor berita Suriah SANA melansir keterangan sumber-sumber lapangan bahwa puluhan anggota beberapa kelompok teroris tewas dalam pertempuran dengan pasukan pemerintah Suriah di berbagai tempat lain. Disebutkan bahwa puluhan teroris yang tewas itu ialah 35 anggota Jaish al-Fath di sekitar Idlib dan 23 anggota Front al-Nusra di kawasan sekitar Ma’rah al-Nu’man. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL