bendera irak di tikritBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan gabungan Irak berhasil membebaskan 11 wilayah di distrik Daquq di bagian selatan provinsi Kirkuk. Bersamaan dengan ini ISIS memenggal enam anggotanya sendiri dan meledakkan Masjid Abu Bakar di Mosul, Irak utara.

Seperti dilaporkan Alalam, Jumat (28/8), sumber keamanan Irak menyatakan bahwa pasukan kontra-terorisme Irak yang didukung relawan al-Hashd al-Shaabi dan pasukan Kurdistan, Peshmerga, berhasil membebaskan 11 daerah di kawasan Tuz Khurmato-Daquq serta mengamankan sepenuhnya jalur strategis Baghdad – Kirkuk.

Sumber itu menjelaskan bahwa luas lokasi yang berhasil dibebaskan itu mencapai sekitar 200 km persegi.

Dia juga mengatakan sebanyak lebih dari 40 teroris, beberapa di antaranya warga negara Arab asing, tewas digempur pasukan Irak.

Provinsi Kirkuk, 250 utara Baghdad, dalam beberapa hari terakhir menjadi ajang kekerasan kawanan teroris takfiri ISIS. Provinsi ini dikuasai oleh pasukan Kurdistan menyusul terjadinya gejolak di provinsi Salahuddin, namun kawanan teroris ISIS bercokol di kawasan al-Huwaijah yang berada di wilayah administrasi provinsi Kirkuk.

Seperti diketahui, ISIS sejak Juni 2014 menyerbu Irak dan berhasil menduduki beberapa kota di bagian utara negara ini. Sejak itu ISIS mengisi hari-harinya dengan berbagai aksi bengis yang mencengangkan khalayak dunia.

Penggal Enam Anggota Sendiri

Dalam peristiwa terbaru yang dilaporkan kantor berita Yordania, Petra, ISIS menghabisi enam anggotanya sendiri dengan tembakan timah panas di bagian kepala karena telah memrotes beberapa keputusan organisasi teroris pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi ini.

Sumber kepolisian Irak menyatakan mayat mereka dibiarkan begitu saja di tengah kota. Menurutnya, mereka dieksekusi karena memrotes aksi penyiksaan para tawanan.

“ISIS tidak membolehkan pihak keluarga mengevakuasi mayat para korban. Mereka juga melarang penyelenggaraan majelis tarhim (tahlil) untuk para korban,” katanya.

ISIS tak kenal ampun bagi anggotanya yang desersi. Belum lama ini mereka juga memenggal kepala empat anggotanya di Mosul karena melanggar perintah.

Ledakkan Masjid Abu Bakar

Sementara itu, TV al-Mayadeen melaporkan bahwa para takfiri ISIS meledakkan Masjid Abu Bakar di selatan Mosul. Dalam proses peledakan itu mereka menempatkan beberapa bahan peledak di dalam masjid kemudian meledakkan dari jarak jauh.

Salah seorang komandan pasukan Irak, Kolonel Abdulrahman Al-Jabouri, mengatakan bahwa masjid itu diledakkan ISIS karena di sisinya terdapat makam yang dihormati dan menjadi tempat ziarah warga Sunni sekitar.

Menurut al-Jabouri, gerombolan teroris ISIS masih aktif menghancurkan masjid-masjid dan tempat-tempat ziarah di provinsi Ninawa, Irak utara, dengan dalih membasmi syirik, bid’ah dan khurafat. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL