هزيمة نكراء لقوات العدوان بمعارك شمال غربي اليمنSanaa, LiputanIslam.com –   Pasukan Arab Saudi kocar-kacir dan memilih kabur dari beberapa kawasan perbatasan barat laut Yaman setelah terlibat pertempuran sengit dengan pasukan gabungan Yaman, sementara puluhan tentara Saudi lainnya tewas dihantam rudal Yaman di Jizan.

Sumber-sumber militer Yaman menyatakan “pasukan agresor” Saudi mundur dari kawasan perbatasan yang semula mereka kuasai dekat kantor bea cukai distrik Haradh, provinsi Hajjah, barat laut Yaman.

Seperti dilansir Alalam Sabtu (2/1/2016), sumber-sumber itu menjelaskan bahwa pasukan Saudi, Bahrain, Maroko dan Sudan kabur ke wilayah Saudi setelah bertempur dengan pasukan gabungan Yaman. Mereka mundur ke kawasan Balbalah, bukit pusat keamanan, dan gedung administrasi bea cukai setelah terlibat pertempuran sengit di kawasan Gunung al-Nar.

Di sisi lain, pasukan rudal Yaman dan komite-komite rakyat negara ini telah meluncurkan rudal balistik Qahir 1 ke area penyimpanan Saudi di kota Abha.  Sumber militer Yaman memastikan rudal itu tepat menghantam area perusahaan minyak Saudi Aramco, dan ini tercatat sebagai serangan ketiga kalinya terhadap posisi ekonomi dan militer Saudi di Abha.

Serangan sebelumnya telah menimpa komplek perminyaan Saudi Aramco serta menghancurkan beberapa depot minyak dan menimbulkan banyak kerusakan fasilitas.  Beberapa portal berita Yaman memperlihatkan gambar-gambar serangan rudal yang menerjang Aramco.

Sumber militer Yaman juga menyatakan sebanyak 27 tentara Saudi tewas dan 37 lainnya luka-luka terkena gempuran 18 rudal pasukan gabungan Yaman terhadap sebuah tempat konsentrasi militer Saudi di kawasan al-Mawasim, Jizan, selatan Saudi. Selain itu, beberapa tentara Saudi lainnya juga tewas dan luka terkena serangan artileri dan rudal pasukan Yaman terhadap beberapa posisi tentara Saudi di Jahfan, Mam’oud, Khubash dan Najran.

Sedangkan di wilayah Yaman sendiri, pasukan gabungan Yaman berhasil membebaskan kawasan pegunungan strategis di distrik Waza’iyah, provinsi Taiz, serta melancarkan serangan rudal ke posisi-posisi “pasukan bayaran” di kawasan Ahyouq. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL