roket yamanSanaa, LiputanIslam.com – Puluhan kawanan bersenjata tewas dan sebagian lainnya luka-luka setelah upaya mereka menguasai gunung strategis Hailan berhasil digagalkan oleh tentara Yaman dan pasukan komite-komite revolusi negara ini. Bersama dengan ini, unjuk rasa protes masih berlanjut di Sanaa, ibu kota Yaman, oleh penduduk kota ini. Mereka menuntut supaya kejahatan Arab Saudi, termasuk penggunaan senjata terlarang, diselidiki oleh khalayak internasional. Selain itu, puluhan orang luka dan tewas digempur pasukan udara Saudi di kota Dahyan.

Disebutkan bahwa puluhan orang yang tewas dan luka adalah pasukan bayaran pihak agresor. Mereka dihantam rudal pasukan Yaman yang ditembakkan terhadap lokasi perkumpulan mereka di distrik Hazm. Sedangkan di Ma’rib, pasukan Yaman dan komite-komite revolusi negara ini berhasil mematahkan upaya pihak lawan untuk menguasai gunung Hailan, salah satu kawasan strategis di Ma’rib.

“Ada upaya serangan dari tiga arah dengan tujuan menguasai dan merebut gunung Hailan, namun tentara dan komite-komite rakyat telah menghadang mereka sepenuhnya dan menghabisi semua pasukan bayaran yang mencoba masuk ke gunung ini,” ungkap wakil juru bicara resmi tentara Yaman Kolonel Aziz Rashid kepada al-Alam, Minggu (17/1).

Di Sanaa, ibu kota Yaman, aksi unjuk rasa protes masih berlanjut. Penduduk kota ini mengutuk tindakan Saudi menggunakan senjata terlarang. Mereka juga mengecam kebungkaman masyarakat internasional dan mendesak supaya kejahatan Saudi itu diselidiki dan dikenai hukuman yang setimpal.

Sementara itu, sekitar 27 orang tewas dan luka di kota Dahyan, provinsi Sa’dah, di bagian utara Yaman terkena serangan udara Saudi yang menarget rumah-rumah penduduk. Sumber-sumber lokal mengatakan bahwa jenazah para korban sudah dievakuasi dari reruntuhan bangunan.

Di Sanaa, serangan udara Saudi juga menarget beberapa kawasan vital, termasuk bangunan keamanan nasional, bandara internasional dan pabrik obat-obatan, namun tak ada laporan mengenai korban jiwa dan atau luka akibat gempuran tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL