operasi irakBaghdad, LiputanIslam.com – Puluhan lagi anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dalam pertempuran di berbagai wilayah Irak sepanjang Sabtu hingga Minggu (18-19/10).

Sebagaimana dilaporkan Kantor berita Jerman, DPA, Ahad kemarin (19/10) seorang narasumber kepolisian Irak menyatakan bahwa dalam pertempuran sengit yang terjadi kota Baquba, 57 km timur laut Baghdad, sedikitnya 25 anggota ISIS tewas, 24 lainnya tertangkap, dan enam anggota relawan Irak cidera.

DPA juga menyebutkan bahwa beberapa jet tempur pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat telah menggempur posisi ISIS di bagian barat wilayah al-Adim di utara Baquba mengakibatkan 25 teroris tewas dan empat tempat persembunyian mereka di kawasan itu hancur. Bersamaan dengan ini, enam relawan Irak juga tewas dan enam lainnya cidera terkena ledakan bom rakitan yang dipasang teroris di sisi jalan kawasan Aswad di utara Baquba.

Laporan lain dari Sky News yang berbasis di Inggris mengutip keterangan narasumber Irak bahwa tentara bersama pasukan relawan negara ini Ahad kemarin terlibat kontak senjata sengit dengan pasukan ISIS hingga berhasil menguasai semua gerbang kota Tikrit, provinsi Salahudin, mengakibatkan kawanan teroris ISIS yang ada di kota ini terkepung. Namun demikian, sebanyak tiga tentara tewas dan satu lainnya cidera, sedangkan jumlah korban tewas di pihak ISIS belum diketahui.

Dia menambahkan bahwa tentara Irak yang didukung pasukan kepolisian dan relawan juga terlibat pertempuran sengit dengan kelompok takfiri ISIS dan telah mengambil posisi di beberapa area yang berjarak 6 km dari pusat kota Baiji, provinsi Salahuddin. Menurutnya, dalam pertempuran itu tentara Irak berhasil membuyarkan kepungan ISIS terhadap sejumlah pasukan Irak yang ditempatkan di komplek penyulingan minyak Baiji.

Di provinsi Dilayala, ISIS juga kehilangan sekitar 30 pasukannya, termasuk seorang warga Arab Saudi yang menjadi salah satu mufti kelompok ekstrimis tersebut, dalam pertempuran dengan pasukan Irak.

Sehari sebelumnya, Departemen Pertahanan Irak menyatakan bahwa 60 anggota ISIS tewas dan empat sarang mereka hancur diserang pasukan udara Irak di kota Ramadi. Selain itu, 25 anggota ISIS dan satu tempat penyembunyian senjata mereka hancur di sebuah kawasan di selatan Tikrit. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL