iraq-army-day-2010-1-6-7-41-29Baghdad, LiputanIslam.com – Puluhan militan tewas akibat berlanjutnya operasi penumpasan tentara Irak terhadap kawanan ekstrimis bersenjata di berbagai wilayah Irak utara.

Sebanyak 38 militan Daulah Islam Irak dan Suriah (ISIS), tiga di antaranya berstatus komandan, tewas diterjang serangan udara pasukan Irak di distrik al-Biaj dan Tal Afar, provinsi Neneveh, demikian dilaporkan oleh Pusat Informasi Nasional Irak, sebagaimana dilansir al-Sumaria, Ahad (20/7).

Lembaga tersebut menyatakan, beberapa helikopter militer telah melancarkan operasi serangan udara di distrik Tal Afar (70 km barat laut Mosul), mengakibatkan tiga petinggi ISIS, satu di antaranya pejabat keamanan bernama Burhan Nabi, tewas. Selain itu, beberapa helikopter juga melakukan pemantauan dari udara di sebelah barat Mosul kemudian membom konsentrasi militan hingga menewaskan 35 orang di antara mereka.

Laporan dari sumber keamanan di hari yang sama menyebutkan bahwa puluhan militan, satu di antaranya berkebangsaan Arab Saudi, tewas terkena serangan udara pasukan Irak di kawasan Daluiya, selatan kota Tikrit.

“Bekerjasama dengan dinas intelijen Badan Penanggulangan Teroris, beberapa helikopter telah menyerang gerombolan bersenjata di rumah seorang pria yang memiliki julukan Adnan al-Khamis di kawasan Albu Jawari, Daluiya, selatan Tikrit, mengakibatkan puluhan orang di antara mereka tewas, satu di antaranya pria berkewarganegaraan Arab Saudi,” ungkap sumber tersebut.

Sumber yang meminta tidak disebutkan namanya itu menambahkan, “Helikopter pasukan Irak masih terus memantau pergerakan kelompok bersenjata.”

Di bagian lain, Ketua Komisi Keamanan Parlemen Provinsi Diyala, Sadeq al-Hosseini, mengatakan bahwa 95% wilayah distrik al-Miqdadiya di provinsi tersebut sudah steril dari keberadaan militan.

“Di distrik itu sudah tidak ada lagi kawanan bersenjata, kecuali di beberapa kantung kecil tempat mereka bertahan,” ujar Sadeq.
Dia menambahkan bahwa pekan ini merupakan pekan yang sangat menentukan dalam pembebasan kawasan al-Miqdadiya sepenuhnya dari militan bersenjata. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL