pasukan-peshmerga-irakMosul, LiputanIslam.com –  Pasukan Kurdistan Irak Peshmerga mengaku berhasil menghabisi puluhan anggota ISIS dalam sebuah operasi serangan terhadap kelompok teroris takfiri ini, dan mengepung mereka di delapan desa di provinsi Nineveh, Irak utara.

Pasukan Peshmerga di front Bashiqa, Mosul, Minggu (23/10/2016), menyatakan sudah mendekati sisi utara kota Mosul, 400 km utara Baghdad.

“Pasukan kami bergerak maju menuju Mosul, dan sekarang mereka berada di lokasi berjarak 9 km dari kawasan al-Tahrir di kota ini. Peshmerga maju langkah demi langkah untuk memperkuat kepungan terhadap pusat distrik Bashiqa,” ungkap Aziz Waisi, komandan pasukan Peshmerga.

Dia menambahkan bahwa pihaknya masih berusaha menekan jumlah kerugian akibat ranjau dan bom-bom mobil yang diyakini terpasang dalam jumlah besar di distrik tersebut.

Jubir Peshmerga Halgur Hikmet mengatakan bahwa dua front Nawaran dan Bashiqa sekarang sudah terhubung.

“Kami sedang menanti beberapa hari mendatang untuk pembebasan Bashiqa, tapi tim penyapu ranjau harus terlebih dahulu membersihan desa-desa,” katanya.

Dia menambahkan, “Total desa yang telah kami bebaskan di tiga front berjumlah 27 desa. Kami telah mencapai target kami hari ini.”

Sebelumnya, Peshmerga mengecam pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) karena tidak memberikan dukungan serangan udara yang memadai, tapi belakangan dukungan itu dinilai memadai.

“Kami mendapat dukungan udara yang cukup, hari ini pasukan udara koalisi AS sangat efektif,”  kata Hikmet. (mm/alsumarianews/dpa/aranews)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL