الجيش العراقي يقتل العشرات من "دواعش" في ضربات جويةBaghdad, LiputanIslam.com – Puluhan lagi anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas diterjang serangan udara pasukan dan relawan Irak di berbagai kawasan negara ini, Jumat kemarin (10/10).

“Dengan koordinasi pasukan Operasi al-Jazirah dan al-Badiyah, beberapa pesawat militer telah membombadir konvoi organisasi ISIS yang terdiri atas 20 unit mobil, dua tank, dua senjata anti serangan udara 23 mm, dan satu unit truk di kawasan al-Madham di selatan kota Haditha (160 km barat Ramadi), mengakibatkan puluhan anggota ISIS tewas dan mobil-mobil mereka terbakar,” kata Komandan Operasi al-Jazirah dan al-Badiyah, Mayjen Diya’ Kadim, sebagaimana dikutip al-Sumaria, Jumat kemarin.

Dia menambahkan bahwa pasukannya juga telah menjinakkan lima bom rakitan serta meledakkan sebuah bom mobil ISIS yang berhasil mereka kuasai di sebuan jalan antara kota Hit dan distrik al-Baghdadi (70 km barat Ramadi) tanpa menimbulkan korban manusia.

Beberapa jam sebelumnya di hari yang sama, Kementerian Pertahanan Irak mengumumkan 19 anggota ISIS tewas dan lima kendaraan mereka hancur dalam peristiwa penggagalan serangan teror ISIS di kawasan al-Jalam, Samarra, oleh pasukan Irak.

Selain itu, petinggi militer Irak pada Komando Operasi Babil menyatakan bahwa tiga komandan ISIS di utara kota Babil juga tewas.

“Pasukan keamanan Irak yang didukung oleh relawan dalam operasinya hari ini di kawasan Fadiliyah di Jurf al-Sakhar (35 km utara Babil) berhasil membunuh tiga komandan ISIS yang masing-masing bernama Masir Hasan Khalil al-Saba’ al-Janabi, Ahmad Fandi Aifan al-Janabi, dan Hamdi Fandi Aifan al-Janabi,” kata petinggi militer Irak yang tak disebutkan namanya itu .

Secara terpisah, kepada lembaga pemberitaan Irak yang sama seorang juru bicara pasukan pertahanan di kawasan Sinjar di barat kota Mosul mengatakan, “Satuan-satuan pasukan pertahanan Sinjar telah menggempur sebuah pangkalan teroris ISIS di sebuah desa di selatan gunung Sinjar, mengakibatkan 15 petempur ISIS tewas.”

Di kawasan lain juga ada beberapa lagi anggota ISIS yang tewas. Seorang pejabat militer Irak mengatakan bahwa pasukan dari satuan Komando Operasi Salahuddin telah menghabisi tujuh petempur ISIS dalam operasi serangan terhadap beberapa posisi ISIS di selatan kota Tikrit. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL