irak isilDamaskus, LiputanIslam.com – Puluhan anggota kelompok ekstrimis takfiri Negara Islam Irak dan Suriah tewas dalam pertempuran dengan pasukan Irak di berbagai wilayah negara ini Ahad kemarin (5/10). Demikian dilaporkan lembaga pemberitaan al-Sumaria berdasarkan keterangan para pejabat militer dan keamanan Irak.

Di kawasan Hamrain, 50 kilometer timur laut Baquba, provinsi Diyala, berdasarkan siaran pers Komandan Operasi Dajlah Letjen Abdul Amir al-Zaidi, sebanyak 28 anggota ISIS tewas, satu pangkalan besar dan empat kendaraan mereka hancur.

Di provinisi yang sama seorang pelaku serangan bom bunuh diri tewas akibat bom rompinya yang meledak ketika berusaha mendekati pos keamanan di sebuah lokasi tenggara Baquba.

Laporan lain dari sumber keamanan di kota Kirkuk menyatakan delapan anggota ISIS tertangkap dan sejumlah besar senjata dan perlengkapan perang mereka tersita oleh pasukan keamanan di kawasan Leilan, 25 tenggara Kirkuk. Sumber itu menambahkan bahwa operasi serangan terhadap kawanan teroris itu dilancar setelah aparat keamanan mendapat informasi akurat dari pihak intelijen.

Di provinsi Anbar, menurut keterangan kepala kepolisian setempat, Jenderal Ahmad Saddak al-Dailami, dalam dua hari terakhir pasukan keamanan telah melancarkan operasi di 5 kilometer barat kota Ramadi, mengakibatkan sembilan komandan terkemuka ISIS tewas, termasuk Abu Raqiyyah al-Julaibawi.

Dia menambahkan bahwa di kawasan Kabisah, provinsi Anbar, seorang komandan ISIS yang bernama Shakir Wahib dan puluhan anak buahnya juga, namun bukan oleh pasukan Irak, melainkan akibat serangan udara pasukan koalisi internasional anti ISIS.

Masih diprovinsi Anbar, laporan lain dari narasumber yang tak disebutkan identitanya, menyatakan bahwa 18 anggota ISIS juga meregang nyawa dan tiga unit mobil mereka hancur dalam pertempuran dengan di sebuah kawasan di timur kota Fallujah. Menurutnya, pasukan ISIS mundur setelah menderita banyak kerugian.

Sementara narasumber lokal di provinsi Ninawa menyatakan ISIS telah mengeksekusi 15 orang di barat kota Mosul Ahad sore kemarin. Sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan itu menyebutkan bahwa belasan korban itu ditembak mati. Dia mengaku tidak mengetahui sebab mengapa mereka ditembak mati. (mm)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL