relawan irakBaghdad, LiputanIslam.com – Dewan Provinsi Anbar, Irak, menyatakan bahwa berbagai kelompok suku Sunni di wilayah ini telah bangkit dan berhasil membunuh puluhan teroris anggota kelompok ekstrim Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Kamis (21/8).

Kepada lembaga pemberitaan Irak, al-Sumaria, ketua dewan itu Sabah Marhut mengatakan, “Pasukan adat provinsi ini berhasil membunuh 30 anggota ISIS, satu di antaranya komandan tersohor mereka yang bernama Abu Thabit al-Jamili, di kawasan al-Karamah, 13 kilometer timur Falullah, di bagian selatan provinsi ini.”

Dia menambahkan bahwa kelopok-kelompok suku Sunni itu terus berjuang menumpas pasukan ISIS atau mengusir mereka dari provinsi Anbar.

Dalam melancarkan aksi kebiadaban di Irak, ISIS sering mengklaim sebagai pembela masyarakat Sunni di negara ini, namun masyarakat itu tidak terkecoh. Mereka menyadari bahaya serta kebiadaban ISIS, dan karena itu mereka bangkit dan ikut melawan ISIS bersama pasukan pemerintah Irak.

Laporan lain dari kepolisian Anbar menyatakan 20 anggota ISIS tewas dihantam serangan udara Irak terhadap sebuah lokasi konsentrasi ISIS di kawasan Ankur di selatan kota Ramadi.

Selain itu, satu komandan ISIS bernama Haitham Ali al-Dzaib tewas akibat ledakan bom yang sedang dipasangnya pada sebuah mobil di tepi jalan di kawasan Jurf al-Sakhar, 35 kilometer utara kota Babil.

Di provinsi Nineveh, ISIS juga kehilangan banyak anggotanya akibat perlawanan pasukan adat. Faris Saduq, pejabat setempat, mengatakan sebanyak 50 anggota ISIS telah menemui ajalnya dalam pertempuran dengan relawan. Selain itu, ISIS juga menderita banyak kerugian materi.

Sementara itu, seorang perwira pasukan Kurdi Irak Peshmerha menyatakan bahwa 14 anggota ISIS telah menyerahkan diri kepada Peshmerga di kawasan Ashiqah. Petinggi Peshmerga yang tidak ingin disebutkan namanya itu kepada al-Yaum al-Sabea mengatakan, “Berdasarkan hasil penyelidikan, para tawanan itu telah dilepaskan oleh para komandan mereka setelah beberapa posisi ISIS mendapat serangan udara secara masif.”

Dia menambahkan bahwa 14 anggota ISIS yang menyerah itu adalah penduduk lokal Ashiqah dan belum lama bergabung dengan dengan ISIS. Mereka mengatakan bahwa para komandan ISIS kabur ke Mosul setelah mendapat serangan hebat dari udara. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL