Video Shows Iraqi Forces Retake Ground from ISISBaghdad, LiputanIslam.com – Provinsi Diyala di timur laur Baghdad bebas dari cengkraman kawanan teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam sebuah operasi militer Irak yang menewaskan lebih dari 50 anggota ISIS.

“Kami mengumumkan bahwa provinsi Diyala telah bebas dari ISIS dalam operasi yang melibatkan angkatan bersenjata, relawan dan putera-putera kelompok-kelompok suku, dan sebanyak lebih dari 50 teroris dari kalangan ekstrimis terbunuh,” ungkap komandan Komando Operasi Dajlah (Tigris) Letjen Abdul Amir al-Zaidi kepada AFP, sebagaimana dikutip situs berita online Rai al-Youm, Senin (26/1/2015).

Dia menambahkan, “Pasukan Irak telah menguasai seluruh kota, distrik dan daerah yang ada di provinsi Diyala.”

Selama tiga hari sebelumnya, angkatan bersenjata Irak yang didukung oleh relawan dan pasukan adat telah melancarkan beberapa operasi secara susul menyusul di berbagai kawasan yang semula dikuasai oleh teroris.

Seperti diketahui ISIS berhasil mengusai banyak kawasan di bagian utara, barat dan tengah Irak, termasuk Mosul yang notabene kota terbesar kedua setelah Baghdad, setelah melancarkan serangan secara besar-besaran pada bulan Juni tahun lalu. Namun belakangan ISIS terdesak hebat dan berhasil diusir oleh angkatan bersenjata Irak, pasukan Kurdistan Peshmerga serta relawan dan pasukan adat dari banyak kawasan negara ini dalam pertempuran yang menjatuhkan banyak anggota ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*