Sanaa, LiputanIslam.com –  Pemimpin gerakan Ansarullah  Yaman, Abdel Malik al-Houthi, menyatakan rakyat yang ikut serta dalam prosesi pemakaman jenazah mantan ketua Dewan Tinggi Politik, Salih al-Samad,  sangat besar meskipun ada ancaman serangan udara dari pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi.

Dalam pernyataan usai prosesi pemakaman al-Samad di Sanaa, ibu kota Yaman, Sabtu (28/4/2018), dia juga menegaskan bahwa pembunuhan al-Samad yang dilakukan Saudi dengan pesawat nirawak di provinsi Hudaydah pada 19 April lalu merupakan kejahatan yang dilakukan dengan bantuan Amerika Serikat (AS).

“Pembunuhan al-Samad merupakan kejahatan dan kezaliman karena menyasar seorang Muslim yang tak berdosa, dan bantuan AS dalam pembunuhan al-Samad adalah sesuatu yang mendasar dalam operasi ini,” ujarnya.

Dia menilai pembunuhan ini ditujukan untuk menciptakan perpecahan antarkomponen di Yaman, namun “rakyat Yaman hari ini mengantar kepergian sosok mulia di antara putra-putra terbaik bangsa Yaman.”

Anggota biro politik Ansarullah Mohammad al-Bakhti mengatakan bahwa Saudi meningkatkan serangan udara ke Sanaa sejak Jumat lalu, sehari sebelum prosesi pemakaman jenazah al-Saleh, dan setelah itu Saudi “berdusta dengan mengklaim telah membunuh sejumlah petinggi keamanan (Ansarullah) dalam serangan yang ditujukan untuk menakut-nakuti masyarakat agar tidak berpartisipasi dalam proses pemakaman al-Samad itu.”

Dia menambahkan bahwa setelah gagal menakuti-nakuti masyarakat, Saudi melancarkan serangan ke alun-alun al-Sabin di Sanaa di tengah suasana prosesi pemakaman hingga menjatuhkan satu korban meninggal dan dua korban luka.

“Namun ini tidak berpengaruh pada konsentrasi massa yang bersikeras untuk bertahan di alun-alun ini meskipun beresiko,” lanjutnya.

Al-Bakhti memastikan bahwa Yaman pasti akan membalas semua kejahatan Saudi dan sekutunya. Menurut al-Bakhti, semua pihak terkait sudah mendapat pengarahan untuk pembalasan ini. (mm/rayalyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*