bus-dijadikan-barikade-di-aleppo

Bus yang belakangan menjadi simbol kekalahan kawanan bersenjata justru sempat mereka gunakan sebagai barikade  untuk menghalangi masuknya pasukan pemerintah Suriah di Aleppo timur.

Aleppo, LiputanIslam.com –   Pejabat tinggi keamanan Suriah menyatakan proses evakuasi kawanan bersenjata dan keluarga mereka dari Aleppo timur masih berlanjut dan belum selesai.

Pejabat yang meminta identitasnya dirahasiakan itu, Rabu (21/12/2016), mengatakan kepada DPA, “Sekira 1500 kawanan bersenjata dan keluarga mereka masih berada di Aleppo timur, dan bisa jadi mereka akan dievakuasi Kamis besok bersamaan dengan keluarnya empat bus (yang mengevakuasi warga pendukung pemerintah) dari distrik Kafriya dan al-Fu’ah, provinsi Idlib.”

Menurutnya, tidak benar kabar yang menyebutkan bahwa semua kawanan bersenjata sudah angkat kaki dari Aleppo timur.

Namun demikian, lembaga Observatorum Suriah untuk HAM di hari yang sama melaporkan bahwa Presiden Suriah Bashar al-Assad sekarang sudah menguasai penuh Aleppo setelah dilakukan tahap terakhir evakuasi kawanan bersenjata dari kota ini.

Komite Palang Merah Internasional menyatakan semua orang yang sakit telah dievakuasi dari Aleppo timur bersama orang-orang lain yang membutuhkan perawatan kedokteran segera.

“Rumah sakit terakhir di Aleppo sekarang kosong,” tulis komite ini halaman Twitternya.

Sementara itu, kecamuk perang terus berlangsung di berbagai kawasan lain negara yang dilanda pemberontakan dan terorisme sejak tahun 2011 ini.

Sumber militer Suriah mengatakan bahwa Pasukan Arab Suriah (SAA) telah menghancurkan 10 pesawat nirawak berbahan peledak yang diterbangkan oleh kelompok Jabhat Fateh al-Sham alias Jabhat al-Nusra dari distrik al-Naimah, provinsi Daraa, menuju area-area aman di kota Daraa.

Sejumlah jet tempur Suriah melancarkan beberapa kali serangan terhadap posisi-posisi kawanan bersenjata di distrik Kfar Batna dan distrik Shaifuniyah serta kawasan sekita kota Duma di Ghota Timur, provinsi Damaskus.

SAA juga menggempur posisi-posisi kawanan bersenjata dengan mortir di kawasan sekitar Jubar yang berada di pinggiran Damaskus. Malam sebelumnya, SAA menyerang posisi-posisi militan di Kamp Yarmouk di selatan Damaskus.

Di bagian utara provinsi Homs SAA menyerang kawanan bersenjata di kawasan al-Hulah dengan senapan otomatis berat, dan di timur provinsi ini SAA terlibat kontak senjata sengit melawan kelompok teroris ISIS di sekitar waduk Abu Kallah di barat kota Palmyra dan beberapa kawasan lain sekitar pangkalan udara al-Tifour.

Tak ada keterangan mengenai korban yang mungkin jatuh akibat pertempuran sporadis di berbagai daerah Suriah tersebut.

Namun di provinsi Deir ez-Zor, telah jatuh puluhan korban tewas dan luka di pihak teroris ISIS dalam kontak senjata dengan SAA Selasa malam lalu. (mm/raialyoum/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL