Moskow, LiputanIslam.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan pihaknya menginginkan keluarnya pasukan Rusia dan Amerika Serikat (AS) dari Suriah.

Dalam wawancara dengan wartawan di kota Sochi, Rusia, menjelang perundingan dengan sejawat Rusianya, Vladimir Putin, Senin (13/11/2017), Erdogan menyinggung pernyataan terbaru presiden Rusia dan AS bahwa krisis Suriah tak dapat diselesaikan melalui cara militer.

“Jika keduanya meyakini masalah Suriah tak dapat diselesaikan dengan cara militer maka mereka harus menarik pasukan masing-masing dari Suriah dan menggunakan solusi diplomatik… Harus ada kerjasama lagi untuk kita selenggarakan pemilu di Suriah,” katanya.

Dia menambahkan, “Turki pada tahun 2003 menentang masuknya pasukan AS ke Irak, tapi pasukan ini malah menyerang dan para pejabat AS pun mengatakan bahwa pasukannya tidak akan tinggal di Irak, tapi ternyata tidak demikian. Masyarakat dunia tidak bodoh. Perkataan para politisi (AS) sering tidak sesuai dengan tindakannya.”

Menurut Erdogan, AS memiliki lima pangkalan militer di Suriah utara dan tujuh pusat militer di berbagai wilayah lain Suriah serta mendatangkan berbagai jenis senjata ke negara ini. Sedangkan Rusia memiliki lima pangkalan militer.

Di pihak lain, dalam jumpa pers bersama Erdogan usai pertemuan keduanya di Sochi, Putin menjelaskan bahwa keduanya telah mendiskusikan upaya penyelesaian kemelut Suriah pasca perang melawan teroris di Suriah.

“Kami telah sepakat untuk meningkatkan upaya penyelesaian krisis Suriah secara politik,” katanya.

Menyinggung ISIS dia mengatakan, “Kita harus membasmi IS (ISIS) dan meyakini integritas dan keulatan Suriah.”

Putin juga mengatakan, “Saya juga telah memberitahu Presiden Turki ihwal kunjungan saya ke Iran belakangan ini, dan kerjasama dengan Iran dan Turki di Astana masih terus membuah hasil-hasil signifikan.”

Berbagai laporan menyebutkan bahwa dalam kunjungan Erdogan ke Rusia ini hubungan keduanya dinyatakan telah benar-benar pulih setelah sempat terusik dan bahkan memburuk akibat gejolak perang di Suriah.  (mm/irna/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL