presiden turki erdoganAnkara, LiputanIslam.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dilaporkan telah menghubungi Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi dan Emir Qatar Syeikh Tamim Bin Hamad al-Thani.

TV pemerintah Turki, sebagaimana dikabarkan IRNA, menyebutkan bahwa Erdogan menghubungi Salman dan Syeikh Tamim Sabtu pagi (11/4), namun tidak menjelaskan apa isi pembicaraan telefon itu. TV Turki hanya menyatakan bahwa yang dibicarakan adalah perkembangan situasi regional.

Turki semula mendukug kampanye perang Saudi terhadap Yaman, namun setelah Erdogan menjumpai sejawatnya di Iran, Hassan Rouhani, beberapa pejabat Turki menyatakan ada kemungkinan Ankara bekerjasama dengan Teheran untuk meredakan gejolak di Yaman.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan negaranya menjalin kontak dengan negara-negara lain untuk mencarikan solusi bagi konflik di Yaman antara milisi Houthi dan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi.

“Ada  api di Yaman, dan kita harus memadamkannya. Adalah penting bagaimana mengatasi isu ini,” katanya dalam jumpa pers bersama sejawatnya dari Sudan di Ankara, Jumat (10/4), sebagaimana dilansir World Bulletin.

Dia menambahkan, “Sekarang kami berbicara kepada negara-negara Teluk. Kami akan mempertahankan kontak kami, baik dengan Teluk maupun dengan negara-negara Arab. Di sini, tujuan kami adalah untuk mengakhiri kekacauan di Yaman dan memulihkan perdamaian dan stabilitas di sana.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL