Damaskus, LiputanIslam.com –  Presiden Suriah Bashar al-Assad menegaskan Israel bertanggungjawab atas jatuhnya pesawat Il-20 Rusia di kawasan Suriah akibat salah tembak pertahanan udara Suriah ketika melawan serangan udara Israel.

“Peristiwa memprihatinkan ini adalah akibat arogansi dan perangai buruk Israel… Kami yakin sepenuhnya bahwa peristiwa mengejutkan seperti ini tidak akan menghalangi kelanjutan kita dalam perang melawan teroris, ” ungkap Assad dalam belasungkawanya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin atas insiden tersebut, Rabu (19/9/2018).

Kementerian Pertahanan Rusia pada Selasa lalu menyatakan bahwa sistem pertahanan udara Suriah telah salah tembak terhadap pesawat Il-20 yang sedang dalam perjalanan kembali ke Pangkalan Udara Hmeimim, provinsi Latakia, Suriah, dan ini terjadi bersamaan dengan serangan empat jet tempur F-16 Israel yang menyasar bangunan infrastruktur di Latakia.

“Para pilot Israel menjadi pesawat Rusia sebagai tameng dan membuatnya tersasar pertahanan udara Suriah,” ungkap kementerian Pertahanan Rusia.

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu menegaskan, “Tanggungjawab sepenuhnya atas terjatuhnya pesawat Rusia dan kematian awaknya ada di pihak Israel.” (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*