obama dan assadTeheran,LiputanIslam.com   Presiden Suriah Bashar al-Assad menyatakan bahwa serangan udara pasukankoalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) terhadap pasukan Suriah di kota Deir al-Zor Sabtu pekan lalu merupakan bukti nyata dukungan AS kepada kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Setiap kali pemerintah Suriah berhasil mencetak kemajuan signifikan di lapangan maupun dalam proses rekonsiliasi nasional, dukungan negara-negara yang memusuhi Suriah kepada organisasi-organisasi teroris selalu meningkat,” katanya dalam pertemuan dengan Deputi Menlu Iran Urusan Arab dan Afrika, Hossein Jabir Ansari, di Damaskus, ibu kota Suriah, Senin (19/9/2016), seperti dilansir SANA.

Dia menambahkan, “Contohnya yang terbaru adalah serangan AS secara terbuka terhadap salah satu posisi pasukan Suriah di Deir al-Zor demi memenangkan kelompok teroris ISIS… Pihak-pihak yang memusuhi Suriah kini sedang mengerahkan segenap kemampuan dan fasilitasnya untuk melanjutkan perang teroris terhadap Suriah.”

Seperti pernah diberitakan, serangan udara pasukan koalisi pimpinan AS terhadap pasukan Suriah di Deir al-Zor telah menjatuhkan banyak korban meninggal di pihak pasukan Suriah. (Baca: Gawat, AS Bantu ISIS di Deir al-Zor, 90 Tentara Suriah Terbunuh)

Sebagaimana Iran dan Rusia, milisi Hizbullah yang berbasis di Lebanon turut mengutuk serangan pasukan koalisi tersebut dan memastikannya sebagai tindakan yang disengaja untuk memenangkan ISIS dalam perang di Deir al-Zor.

“Kebersamaan serangan udara itu dengan serangan ISIS menyingkap adanya persekongkolan Washington dengan kelompok ini. Klaim AS bahwa telah terjadi salah serangan tak lain hanyalah upaya memalukan untuk menutup fakta yang sedemikian jelas,” tegas Hizbullah, seperti dikutip al-Alam, Senin (19/9/2016).

Hizbullah menambahkan bahwa koalisi internasional yang disebut “anti-ISIS” hanyalah label yang ditujukan untuk melicinkan ambisi negara-negara imperialis yang memang bergantung pada dukungannya kepada terorisme di Timteng. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL