presiden suriah bashar assadAleppo, LiputanIslam.com –  Presiden Suriah Bashar al-Assad dilaporkan telah meninjau langsung perkembangan situasi perang di Aleppo melalui jet tempur Sukhoi generasi terbaru. Demikian dilaporkan surat kabar ad-Diyar terbitan Lebanon, Jumat (25/11/2016).

Disebutkan bahwa al-Assad bermaksud melihat langsung situasi pertempuran di Aleppo antara pasukan pemerintah Suriah dan sekutu di satu pihak dan berbagai kelompok pemberontak dan teroris takfiri di pihak lain.

Penerbangan al-Assad ini dilakukan  setelah terjalin komunikasi antara al-Assad dan sejawatnya di Rusia, Vladimir Putin. Dalam komunikasi ini disebutkan bahwa al-Assad dapat memantau Aleppo bersama pilot Rusia paling mahir melalui pesawat  berkursi ganda Su-37 yang tergolong paling terkini di dunia.

Sebelum naik ke pesawat, al-Assad diperiksa kesehatan untuk melihat bagaimana kesiapan fisiknya untuk berada di dalam pesawat tempur ini, karena usia para pilotnya tidak lebih dari 35 tahun. Hasilnya, dia dipastikan berada dalam kondisi prima dan dapat menyertai pilot.

Al-Assad memantau situasi Aleppo dan berkeliling di atas udara selama beberapa menit lalu kembali ke pangkalan udara Hmeimim dekat Latakia.

Putin diberitahu ihwal penerbangan al-Assad ini saat Su-37 lepas landas dan mendarat. Dia kemudian menyarankan al-Assad supaya tidak mengulangi penerbangan seperti ini lagi.  (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL