assad dan keluarga martirBeirut, LiputanIslam.com – Presiden Suriah Bashar al-Assad menyatakan akan mengirim pasukan tambahan untuk memperkuat pasukan Suriah yang berada di sekitar kota kecil nan strategis Jisr al-Shughur, provinsi Idlib, di barat laut negara ini.

Dia mengakui bahwa pasukan Suriah belakangan ini terpaksa mundur dan keluar dari kota itu ke daerah sekitarnya, namun dia mengatakan hal demikian merupakan perkara biasa dalam peperangan.

“Kalah dan menang, naik dan surut dalam peperangan adalah perkara biasa,” katanya dalam sebuah pertemuan dengan keluarga syuhada Suriah di sebuah gedung sekolah, Rabu (6/6), sebagaimana dilaporkan Reuters dari Beirut.

Kelompok-kelompok teroris pada April lalu berhasil memukul mundur pasukan Suriah dan menduduki distrik Jisr al-Shughur yang berada di dekat perbatasan Turki. Dengan menguasai tempat itu maka mereka sudah mendekati Latakia untuk dapat menjangkau dunia luar dengan mengakses perairan Laut Mediteranian.

Belakangan ini kelompok-kelompok teroris di provinsi Idlib di utara Suriah menguat setelah Turki meloloskan ribuan teroris masuk dari wilayahnya ke wilayah Suriah. Hal ini membuat pasukan pemerintah Suriah terdesak dan kota Idlibpun jatuh ke tangan kelompok-kelompok tersebut, dan selanjutnya disusul dengan jatuhnya kota kecil Jisr al-Shughur yang juga terletak di provinsi Idlib.

Tentara Suriah beralasan pihaknya terpaksa mundur ke kawasan sekitar Jisr al-Shughur demi menghindari banyaknya jumlah korban tewas di pihak warga sipil.

Perang Suriah yang dipicu oleh aksi pemberontakan dan kemudian diperparah oleh fenomena terorisme yang didukung beberapa negara Arab, Turki dan Barat bermula sejak tahun 2011 dan kini sudah memasuki tahun kelima. Negara-negara itu menyokong pemberontakan dan terorisme di Suriah dengan harapan pemerintahan Bashar al-Assad segera terguling, namun sampai sekarang Assad masih tetap berkuasa.

Dia pernah mengatakan tidak mungkin dirinya tetap dapat berkuasa dikeroyok oleh banyak negara seandainya tidak didukung rakyat. “Hanya Superman yang bisa bertahan tanpa didukung rakyat,” katanya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL